Surabaya (Antara Jatim ) - Pargelaran musik bertajuk PP Properti Jazz Traffic Festival (JTF) 2016 Beyond Space akan menghadirkan komposisi genre jaz lebih kental dengan porsi cukup dominan dibandingkan genre musik lain.

"JTF kali ini komposisi jaz akan lebih terasa dibandingkan sebelumnya yang memadukan antara jaz dan genre lain, meskipun ada kelompok baru, tapi orientasinya tetap ke jaz," ujar Direktur Utama Suara Surabaya Media sekaligus penanggungjawab PP Properti JTF 2016 Beyond Space, Errol Jonathans, di Surabaya, Sabtu.

Kendati demikian, beragam aliran tetap saja terwadahi di festival musik tahunan yang akan digelar selama dua hari, yakni 27-28 Agustus 2016 di Grand City Convex Surabaya tersebut.

Menurut dia, di festival jaz manapun tidak pernah ada yang murni mengusung jaz mainstream, namun selalu memadukannya dengan genre lain karena sejatinya adalah ruang untuk menyatukan bahwa musik adalah bahasa universal.

Selain itu, kata dia, jaz yang lebih futuristik juga akan ditampilkan dengan datangnya dua drum, kemudian kelompok keroncong juga akan tampil dengan mengusung jaz etnik.

"Nanti juga banyak penampilan generasi baru dalam dunia jaz yang pendekatannya tidak lagi semata-mata mengandalkan jaz mainstream, tapi juga kreasi yang disesuaikan dengan generasi kekinian," ucapnya.

PP Properti JTF 2016, lanjut dia, juga menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan mengasah apresiasi masing-masing genre sehingga penonton tetap akan mendapatkan seleranya, ditambah berinteraksi dengan selera musik orang lain.

Sementara itu, pada hari pertama, Sabtu (27/8), panggung bakal dimeriahkan penampilan Glenn Fredly, Fariz RM, GAC (Gamaliel Audrey Cantika), Maliq & D'Essentials, Idang Rasjidi, The Groove, Virzha, Sierra Soetedjo, Dua Drum, Alsa Quartet, Andre Hehanussa, MLD Jazz Project, Lyla, Danilla, Yuka, Korek Jazz, Best Friends Project, Trisouls, F Jazz C, dan Beat Project.

Kemudian besoknya, Minggu (28/8), musisi yang bakal tampil antara lain Ari Lasso, Dwiki Dharmawan Jazz Connection feat Lea Simanjuntak, Barry Likumahuwa, Andien, Tohpati, Sheryl Sheinafia, Dekat, Eva Celia, Monita Tahalea, The Overtunes, Indro Hardjodikoro dan Fusion Stuff.

Tidak itu saja, pada hari sama juga menampilkan HiVi, Eastern State Quartet, Tiwi Shakuhachi Dkk, Keroncong Liwet Java Kromatic, Vertical Band, ITS Jazz Band, Star Project Jazz, dan  Semen Indonesia Jazz Band.

Di arena, penonton akan dimanjakan dengan adanya tiga panggung utama di tiga venue berbeda, yaitu di Convention Hall lantai 3 (indoor), Exhibition Hall lantai dasar (indoor), dan area parkir (outdoor), ditambah sebuah mini stage. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016