Jember (Antara Jatim) - Pelantikan mahasiswa baru Universitas Jember (Unej) diikuti oleh 16 mahasiswa asing dari Thailand dan 16 mahasiswa program "Afirmasi Pendidikan" bagi siswa asal Papua dan daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T).

Rektor Unej Moh. Hasan melantik sebanyak 6.204 mahasiswa baru angkatan tahun 2016 baik program diploma maupun sarjana dalam sebuah upacara bendera yang digelar di stadion Kampus Unej, Senin.

"Unej juga menerima 16 mahasiswa asal Thailand dan 16 mahasiswa program "ADIK" atau Afirmasi Pendidikan bagi siswa asal Papua dan daerah 3T, sehingga mereka juga hadir mengikuti pelantikan mahasiswa baru itu," kata Kepala Humas dan Protokol Unej Agung Purwanto di Jember.

Menurut dia, Unej juga menerima permohonan beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa kurang mampu sebanyak 1.000 peserta dari seluruh nusantara, namun kuota penerima beasiswa Bidik Misi dari jalur SNMPTN sudah ditetapkan sebanyak 208 mahasiswa.

"Sementara untuk penetapan penerima beasiswa Bidik Misi dari jalur SBMPTN masih menunggu keputusan dari Kemenristekdikti," ucap dosen Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unej itu.

Sementara dalam amanat pidatonya, Rektor M. Hasan meminta agar semua mahasiswa baru memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di kampus Tegalboto sebaik-baiknya sesuai dengan bidang ilmu yang dipilihnya. 

"Anda semua telah melewati melalui saringan ketat sampai akhirnya jadi mahasiswa Universitas Jember. Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini, karena tidak semua siswa bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi," tuturnya.

Selain melantik mahasiswa baru, Rektor Unej juga membuka secara resmi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) yang nantinya para mahasiswa baru akan menerima materi mengenai pendidikan tinggi, manajemen diri, serta pendidikan karakter di Secaba Rindam V Brawijaya selama kurang lebih sepuluh hari.

Rangkaian kegiatan PK2 akan ditutup dengan jalan santai dan atraksi kebolehan dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di kampus Tegalboto pada tanggal 28 Agustus 2016.

"Kegiatan-kegiatan PK2 diadakan sebagai usaha untuk mempersiapkan para mahasiswa baru memasuki fase baru dalam kehidupan mereka, yakni fase menempuh pendidikan tinggi," ucap Rektor Unej dua periode itu.

Sebelumnya dalam laporannya, Pembantu Rektor I Unej Zulfikar menjelaskan Unej menerima 6.204 mahasiswa baru yang terdiri dari 5.380 mahasiswa jenjang sarjana dan 374 mahasiswa jenjang diploma pada tahun akademik 2016/2017.

"Rincian mahasiswa baru Unej terdiri dari 2.022 mahasiswa dari jalur SNMPTN, 2.213 mahasiswa dari jalur SBMPTN, 1.407 mahasiswa dari jalur SBMPTBR gelombang I, dan 374 mahasiswa jenjang diploma yang diterima melalui SBMPTBR gelombang II," katanya.

Jumlah tersebut masih ditambah 16 orang mahasiswa asing asal Thailand, dan 14 mahasiswa asal Papua, Papua Barat dan daerah 3T atau Tertinggal, Terluar dan Terdepan melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016