Jember (Antara Jatim) - Pusat Pengembangan Karir (Career Development Center) dari Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember (Unej) menyediakan 775 lowongan kerja lewat Bursa kerja atau "Job Fair".

"Jumlah perusahaan yang mengikuti Job Fair itu sebanyak 17 perusahaan swasta nasional dengan menyediakan kurang lebih 775 lowongan kerja yang mungkin dibutuhkan oleh para pencari kerja," kata Ketua LP3 Unej Prof Tejasari di Jember, Rabu.

Perusahaan yang menjadi peserta Job Fair Unej antara lain adalah PT Bina Artha Ventura, PT Paragon Technology dan Information, PT Bringin Life, PT Victory International Futures, PT World Innovatife Telecommunication, PT Mentari Online, PT BPR Cinde Wilis, PT Biznet Networks, PT Radana Bhaskara Finance, PT BTPN Syariah, PT Danamon, PT Erajaya, PT Indosat Ooredoo, PT Alfamart, PT Cimory dan PT AIA Insurance.

"Posisi kerja yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut di antaranya Administration Staff, Logistic Staff, Beauty Advisor, Staff Event, Bancassurance Relationship Officer, Unit Manager, Field Underwriter, Financial Consultant, Account Officer dan Marketing," tuturnya.

Menurut dia, agenda tahunan "Job Fair" tersebut mengakomodasi para perusahaan untuk mencari tenaga kerja, serta dapat memfasilitasi para lulusan baik dari Universitas Jember maupun universitas lain yang sedang mencari pekerjaan.

"Kami berharap dengan digelar Job Fair kali ini dapat memfasilitasi para perusahaan dan juga lulusan Unej maupun universitas lain di lingkungan Besuki Raya untuk dapat memanfaatkan tawaran atau lowongan pekerjaan yang telah tersedia pada kegiatan itu," tuturnya.

Ia mengatakan Kerja sama LP3 dengan sejumlah pihak perusahaan sudah dilakukan sejak tahun 2013, namun perusahaan yang mengisi kegiatan "Job Fair" setiap tahunnya bervariasi, namun kerja sama dengan perusahaan tidak putus hanya sampai pada pelaksanaan kegiatan bursa kerja saja.

"Kami juga mengadakan kerja sama lebih lanjut dengan perusahaan-perusahaan itu, seperti pelaksanaan Campus Hiring, Pelatihan dan Seminar seputar persiapan menghadapi dunia kerja seperti cara pembuatan curiculum vitae dan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar," katanya.

Ia menghimbau para lulusan yang hadir dalam "Job Fair" agar memilih pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan "passion" masing-masing, sehingga mendapatkan pekerjaan yang nyaman baik secara lingkungan dan finansialnya.

Kegiatan bursa kerja Universitas Jember itu digelar 3-4 Agustus 2016 dan dihadiri lebih dari 1.000 pencari kerja pada hari pertama.

Sementara salah seorang pencari kerja Nurul Indawati menyambut baik kegiatan Job Fair tersebut karena beberapa waktu lalu Universitas Jember dan beberapa kampus di Jember mewisuda mahasiswanya, sehingga membutuhkan info lowongan kerja yang tepat.

"Saya berharap bisa mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja yang digelar di Unej, sehingga saya juga membawa seluruh persyaratan lamaran pekerjaan untuk memilih salah satu lowongan kerja yang tersedia," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016