Jember (Antara Jatim) - Sebanyak 5.628 peserta akan mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) gelombang I yang digelar serentak di lima kabupaten di wilayah eks Keresidenan Besuki Raya, pada Kamis (14/7).

"Jumlah tersebut terdiri dari 3.046 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi, serta 2.582 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora dengan lokasi ujian di Kabupaten Jember, Situbondo, Banyuwangi, Probolinggo, dan Lumajang," kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Agung Purwanto di kampus setempat, Rabu.

Menurut dia, SBMPTBR adalah penerimaan mahasiswa baru Universitas Jember dari jalur mandiri, khusus gelombang I untuk jenjang sarjana, sedangkan gelombang II untuk jenjang diploma.

"Dalam pelaksanaan SBMPTBR, Kampus Tegalboto Universitas Jember bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di area Besuki Raya, sehingga seorang peserta bisa memilih mendaftarkan diri di Universitas Jember dan 21 PTS yang tersebar mulai Probolinggo hingga Banyuwangi," tuturnya.

Dari data yang ada, sebanyak 120 peserta akan mengikuti ujian di Universitas Abdulrachman Saleh Situbondo, sebanyak 399 peserta ujian di Universitas 17 Agustus Banyuwangi, 136 peserta ujian di Universitas Panca Marga Probolinggo. 

Sedangkan untuk lokasi ujian di Universitas Lumajang akan diikuti oleh 78 peserta, dan sebagian besar peserta akan mengikuti ujian di kampus Tegalboto Universitas Jember sebanyak 4.895 peserta. 

"Jumlah peserta ujian SBMPTBR gelombang I di kampus Universitas Jember terdiri dari 2.632 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi, kemudian sebanyak 2.263 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora," katanya.

Ia menjelaskan Fakultas Kedokteran menjadi program studi favorit bagi peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi yang memilih Universitas Jember dengan peserta sebanyak 608 pendaftar, kemudian diikuti Fakultas Farmasi dengan 286 pendaftar, dan Fakultas Kedokteran Gigi dengan 144 pendatar. 

"Sementara di kelompok ujian Sosial Humaniora, program studi Manajemen di urutan pertama dengan 545 pendaftar, diikuti oleh Ilmu Hukum Fakultas Hukum sebanyak 344 peserta, dan Akuntansi Fakultas Ekonomi sebanyak 242 pendaftar.

Hingga saat ini Universitas Jember memiliki 76 program studi yang terdiri dari 5 program studi doktoral, 17 program studi magister, 43 program studi S1, 4 program profesi, dan 9 program studi diploma.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016