Magetan (Antara Jatim) - Petugas Polres Magetan, Jawa Timur, melakukan tes urine para sopir bus yang memasuki Terminal Maospati, di Kabupaten Magetan, guna memastikan terbebas dari penggunaan narkotika.

"Tes dilakukan untuk mengecek ada dan tidaknya para sopir bus yang mengonsumsi narkoba  terlebih sambil mengemudikan bus selama masa angkutan lebaran," ujar Kapolres Magetan AKBP Heru Agung Nugroho, kepada wartawan, Jumat.

Menurut dia, pemeriksaan urine guna melihat kandungan narkoba dalam darah tersebut bertujuan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas selama masa angkutan lebaran berlangsung.

"Tes ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk menekan angka kecelakaan. Mengingat saat arus mudik seperti ini kondisi jalan bisa sangat ramai dan meningkatkan potensi kecelakaan," kata dia.

Dari hasil tes urine yang dilakukan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Pemkab Magetan itu, diketahui seluruh awak bus dinyatakan negatif konsumsi narkoba.

Kapolres menambahkan, selain melaksanakan tes urine, petugas juga mengecek kesehatan dari para awak bus tersebut. Pemeriksaan itu meliputi cek tekanan darah, gula darah, dan juga kolesterol. 

"Tadi juga dilaksanakan tes kesehatan. Memang ada awak bus yang kondisi badannya kurang sehat tapi itu karena faktor kecapekan. Dan tadi juga sudah diberikan obat secara gratis," kata Heru.

Salah satu sopir bus Sugeng Rahayu (milik PO Sumber Kencono), Suratno, mengaku senang dengan adanya cek kesehatan dan antinarkoba.

"Hasil kadar gula acak dan tekanan darah saya normal. Kami para sopir juga berupayan agar angkutan lebaran ini berjaan lancar," kata dia.

Rencananya, tes serupa akan dilakukan lagi secara mendadak selama masa angkutan lebaran berlangsung. Tes itu melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan Magetan dan anggota kepolisian setempat. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016