Sumenep (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, berencana mendirikan tiga pos pengamanan (pospam) selama masa Operasi Ramadniya Semeru 2016.

"Selain pospam, kami akan mendirikan pos pelayanan (posyan) di dua kawasan lokasi wisata, yakni Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang dan Pantai Slopeng di Dasuk," kata Kapolres Sumenep, AKBP Radita Rendra Dewayana di Sumenep, Kamis.

Sementara tiga pospam akan ditempatkan di Kecamatan Pragan (sebelah timur pasar kecamatan), Kalianget (sekitar pelabuhan), dan Kota (depan Taman Adipura).

"Di setiap pospam akan disiagakan anggota selama 24 jam secara bergiliran. Pospam ditempatkan di lokasi yang menjadi pusat keramaian dan aktivitas warga," ujarnya. 

Ia menjelaskan, jumlah anggota Polres Sumenep yang secara teknis sebagai pelaksana Operasi Ramadniya Semeru 2016 sebanyak 225 personel.

"Namun, pada prinsipnya, seluruh kekuatan personel Polres Sumenep dalam posisi siaga selama masa pelaksanaan operasi. Nantinya kami juga akan dibantu oleh personel dari instansi samping terkait, di antaranya TNI (Kodim 0827) dan Dinas Perhubungan Sumenep," katanya.

Rendra juga mengemukakan, hingga sekarang situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Sumenep menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016 dalam kondisi kondusf.

Operasi Ramadniya 2016 adalah operasi terpusat yang dilakukan secara serentak oleh jajaran Polri selama 15 hari (30/6-15 Juli) dalam rangka pengamanan masa Lebaran.

Polres Sumenep menggelar apel gelar pasukan pengamanan Operasi Ramadniya Semeru 2016 di halaman mapolres, Kamis pagi.

Dalam apel tersebut, Kapolres Sumenep AKBP Radita Rendra Dewayana menyematkan pita kepada tiga petugas gabungan sebagai tanda pelaksanaan operasi. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016