Madiun (Antara Jatim) - Kota Madiun dipastikan masuk dalam nominasi calon penerima piala Adipura Paripurna (dulu Kencana) pada tahun 2016 sesuai dengan daftar yang dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Guna memantapkan langkah mendapatkan Adipura, Wali Kota Madiun Bambang Irianto akan melakukan presentasi di depan dewan adipura yang diketuai mantan Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar di Jakarta pada Rabu (22/6). 

"Saya mohon doa restu dari seluruh masyarakat agar Kota Madiun kembali meraih piala Adipura," ujar Wali Kota Madiun Bambang Irianto, Selasa.

Ujian dari dewan adipura tersebut akan berlangsung selama 90 menit yakni 30 menit untuk presentasi dan sisanya berupa tanya dan jawab. 

Ia menjelaskan, masuknya Kota Madiun dalam nominasi penerima Adipura Paripurna didukung upaya penataan tempat pembuangan akhir (TPA) Winongo yang dikelola modern. Yakni, pengelolaan sampah yang mengacu pada konsep "reuse" (penggunaan kembali), "reduce" (mengurangi), dan "recycle" (mendaur ulang).

Hal lain yang mendapat poin tinggi adalah pemanfaatkan gas metan yang dihasilkan dari gunungan sampah bagi 300 kepala keluarga (KK) di Dusun Gembel, Kelurahan Manguharjo, untuk kebutuhan memasak sejak dua tahun terakhir. 

Selain itu, sampah plastik didaur ulang menjadi bahan bakar alternatif. Hal itu yang membuat TPA Winongo menjadi tempat studi banding berbagai daerah.

Hal lain yang membuat Kota Madiun merah poin tinggi dalam penilaian Adipura adalah penataan ruang terbuka hijau yang gencar dilakukan Pemkot Madiun. Juga keberadaan bank sampah yang tersebar di seluruh kelurahan dan 105 sekolah yang sudah menyandang predikat Adiwiyata. 

Bambang menambahkan, sebelum sampai ke tahap presentasi, dewan adipura telah melakukan penilaian pada akhir April lalu. Setelah itu dilakukan verifikasi sebanyak dua kali. 

Ada perubahan kategori adipura, sebelumnya pemerintah hanya memberikan Adipura dan Adipura Kencana. Namun kini kategori penilaiannya diubah menjadi lima yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bhakti, dan Adipura Paripurna.

Dari daftar yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kota Madiun resmi masuk nominasi penerima Adipura Paripurna bersama Kota Tangerang, Kota Semarang, Balikpapan, dan Kabupaten Pati. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016