Surabaya, (Antara Jatim) - Prancis berencana mengembangkan investasinya di wilayah Jawa Timur dengan mendatangkan beberapa investor dari negera tersebut agar menanamkan modalnya di beberapa kota besar wilayah setempat.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia Corinne Breuzé di Surabaya, Senin mengatakan pengembangan investasi sebelumnya juga dilakukan Prancis dengan Singapura dan beberapa negara lainnya.

Ia mengatakan, investasi dan kerja sama yang akan dilakukan dengan Jatim adalah dibidang makanan dan arsitektur, serta dibidang koorporasi yang juga pernah dilakukan dengan Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu, Penanggungjawab Budaya dan Komunikasi Institut Français Indonesia (IFI) Pramenda Krishna A mengatakan total perusahaan Prancis yang ada Jawa Timur saat ini mencapai 20 perusahaan berskala besar dan kecil.

"Ada sekitar 20 perusahaan besar dan kecil di Jatim, dan investasi yang akan dikembangkan di sini adalah perusahaan jenis bakery serta pusat perbelanjaan, seperti yang sudah ada di Jakarta," katanya.

Krishna mengatakan, sebelumnya Corinne Breuzé juga melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Kantor Balai Kota Surabaya untuk membicarakan masalah pengembangan investasi tersebut.

Selain itu, dubes Prancis tersebut juga melakukan pertemuan dengan berbagai perwakilan perguruan tinggi di Surabaya, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Kristen (UK) Petra.(*) 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016