Bondowoso (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menggelar ijen festival yang dimeriahkan berbagai kegiatan di kawasan wisata Kawah Ijen, sebagai salah satu cara untuk mendongkrak kunjungan wisatawan je  Kota Tapai itu.
     
“Ijen Festival Bondowoso ini sudah kami gelar setiap tahun. Dalam Ijen Festival terdapat berbagai kegiatan, salah satunya lomba 'trail runing' atau lari lintas alam yang akan dilaksanakan pada Minggu (22/5) dini hari,” ujar Bupati Bondowoso Amin Said Husni di Bondowoso, Sabtu.
     
Ia mengemukakan lomba lari lintas alam itu diikuti oleh 338 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan puluhan peserta juga berasal dari 17 negara di Asia, Eropa dan Amerika.

Para peserta lomba “trail running” itu, kata dia, akan berlari di rute yang sudah disipakan oleh panitia pelaksana di kawasan wisata Kawah Ijen yang berada di Kecamatan Sempol dan terkenal dengan fenomena api biru-nya.

“Selain lomba lari lintas malam, Ijen Festival ini juga dimeriahkan kegiatana lainnya hingga Oktober. Di antaranya lomba Kopi Nusantara yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, dan lomba fotografer yang pesertanya dari daerah Jawa Timur, yang tujuannya untuk mengeksplorasi destinasi wisata di Bondowoso," katanya.

Ijen Festival 2016 yang menjadi agenda tahunan, lanjut Amin, sebagai salah satu cara Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kawah Ijen dan destinasi wisata lainnya.

“Di Bondowoso tidak hanya satu tujuan wisata Kawah Ijen, namun masih banyak destinasi wisata lainnya, khususnya di Kecamatan Sempol ini, yakni wisata Kawah Wurung, Bukit Megasari, dan Pemandian Air Panas, wisata petik kebun strawberi dan wisata perkebunan kopi, dan lainnya," paparnya.

Menurutnya, dari pengalaman Ijen Festival sebelumnya terbukti dapat mendongkrak kunjungan wisata ke Kawah Ijen dan tujuan wisata lainnya.

"Dari tahun ke tahun kunjungan wisata di Bondowoso terus mengalami peningkatan setelah pemerintah daerah menggelar Ijen Festival. Satu lagi, kegiatan ini juga sebagai sarana promosi untuk menarik investor," tuturnya.(*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016