Sidoarjo, (Antara Jatim) - Pemberian santunan kepada sebanyak 50 anak yatim yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mewarnai kegiatan pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Sidoarjo periode 2016-2019 di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo Abdul Rouf, Selasa, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur karena dalam acara pelantikan ini, PWI Kabupaten Sidoarjo masih bisa berbagi kebahagiaan bersama 50 anak yatim piatu di Kabupaten Sidoarjo. 

"PWI Kabupaten Sidoarjo sangat bersyukur sekali karena masih bisa berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim di Sidoarjo dan diharapkan PWI Kabupaten Sidoarjo bisa menjalankan fungsi dan kontrol sesuai kode etik jurnalistik, dapat menjalankan amanah, program secara baik dan berkah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Jatim Akhmad Munir, meminta kepada seluruh wartawan di Sidoarjo untuk menjalankan tugasnya secara proporsional, tetap dalam koridor dan kaidah jurnalistik. 

"Dan tidak kalah pentingnya, setiap wartawan juga wajib mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang menjadi arahan dari Dewan Pers. Untuk PWI sendiri, setiap anggotanya wajib memiliki sertifikat dalam soal UKW," kata Kepala Biro LKBN Antara Jatim itu.

Dirinya juga meminta kepada wartawan untuk bekerja di perusahaan pers yang mempunyai badan hukum yang terbentuk sesuai perundang-undangan yang ada.

"Untuk karya tulis wartawan yang perusahaan medinya tak berbadan hukum, jika tulisannya terdapat sengketa maupun tidak sesuai fakta, bohong, ada unsur pencemaran nama baik, maka akan dikenakan pasal pencemaran, pasal pembohongan dan pasal-pasal yang lain," imbuhnya.

Akan tetapi, jika tulisan wartawan di bawah perusahaan media yang berbadan hukum, jika ada kekeliruan maka bisa ditempuh jalur hak jawab, somasi, di proses oleh Dewan Pers dengan mediasi oleh Dewan Pers.

"Organisasi wartawan yang diakui di Indonesia itu juga ada tiga yakni Persatuan Wartawan Indonesia, Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia dan juga Aliansi Jurnalis Independen," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ila sangat mengapresiasi kegiatan ini dan diharapkan mampu bersinergi dengan kebijakan yang ada di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

"Kami berharap, PWI Kabupaten Sidoarjo ini bisa berjalan sesuai dengan koridor dan juga turut membantu pembangunan demi kesejahteraan warga masyarakat di Sidoarjo," ucapnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016