Jember (Antara Jatim) - Bupati Jember Faida meminta Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, bersinergi dengan pemerintah kabupaten setempat untuk membantu pembangunan di berbagai bidang guna mewujudkan Jember yang lebih baik.

"Saya minta NU bisa sinergi dengan pemkab dalam hal pembangunan baik di bidang keagamaan, pendidikan, maupun sosial," kata Bupati Jember Faida di Jember, Kamis.

Menurut dia, beberapa hal yang bisa dilakukan bersama organisasi masyarakat misalnya masalah sanitasi, pendataan guru ngaji, kaum duafa, kebersihan lingkungan, buta aksara, kesehatan ibu dan bayi, serta ekonomi kerakyatan.

"Jember masuk dalam peringat keempat terbawah di bidang sampah, termasuk sanitasi dan kematian bayi dibandingkan 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, sehingga kami mengajak PCNU untuk mengatasi berbagai persoalan itu," tuturnya.

Faida juga mengatakan dana bantuan sosial ke depan akan diupayakan berupa proyek pembangunan fisik seperti kamar mandi dan sumur di lingkungan masjid, sekolah, dan rumah tangga.

Sementara Wakil Ketua PCNU Jember Misbahussalam mengatakan PCNU Jember sudah melakukan silaturahmi kepada Bupati Jember pada Rabu (27/4) yang dihadiri oleh Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, Hobri, Pujiono, Taufiq, sedangkan dari PCNU Kencong yakni KH Hasyim Ghafir dan anggotanya.

"Pertemuan dengan Bupati Jember sangat berharga sekali dan PCNU siap bersinergi dengan Pemkab Jember dalam mengatasi berbagai persoalan warga di Jember," kata Pengasuh Yayasan RSD dan motivator IESMQ itu.

Ia mengatakan sinergi Pemkab dengan NU akan terjalin dengan baik, sehingga kerja sama tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Jember.

"Selain membahas masalah sosial, kami juga menyampaikan rencana kegiatan Hari Lahir (Harlah) NU yang akan dilaksanakan di alun-alun Jember. Kami berharap Bupati Jember berkenan untuk hadir dalam acara Harlah NU," ucap mantan anggota DPRD Jember itu.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016