Madiun (Antara Jatim) - Kelurahan Winongo melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Citra Taruna Kenanga berhasil memenangi Lomba Cerdik Cermat Komunikatif Kelompok Informasi Masyarakat ((LCCK KIM) Kota Madiun tahun 2016 dengan mengalahkan 26 kelurahan lainnya dan menyabet dua gelar sekaligus.

"Alhamdulillah, ini merupakan prestasi yang membanggakan. KIM Citra Taruna Kenanga berhasil menyabet juara 1 LCCK KIM Kota Madiun 2016 dan juara 1 yel–yel serta penampilan terbaik dalam lomba tersebut," ujar Lurah Winongo Sudrajat seusai penyerahan penghargaan oleh Wali Kota Madiun Bambang Irianto di Halaman Kantor Kecamatan Taman Kota Madiun. 

Total nilai yang diperoleh KIM Citra Taruna Kenanga mencapai 2.409 yang meliputi penilaian dari unsur administrasi, teknik IT, dan penampilan selama LCCK berlangsung. 

"Dengan kemenangan tersebut, maka KIM Citra Taruna Kenanga berhak mewakili Kota Madiun dalam ajang LCCK di tingkat Bakorwil Madiun," kata dia.

Dalam babak tersebut, KIM Citra Taruna Kenanga Winongo berhasil mengalahkan empat besar KIM lainnya yang masuk tahap final. Yakni KIM Larasati Kelurahan Kanigoro dengan nilai 2.143, KIM Bakti Pertiwi Kelurahan Nambangan Kidul dengan nilai 1.909, KIM Anyelir Kelurahan Kejuron dengan nilai 1.792, dan KIM Delima Kelurahan Demangan dengan nilai 1.686.

Kemenangan mereka tidak terlepas dari apik dan rajinnya dalam pengelolaan blog. Juri juga dibuat terpukau saat mereka menampilkan pertunjukan drama mengusung tema pengelolaan sampah yang dapat menghasilkan penghasilan lumayan dan ketepatan dalam menjawab sejumlah pertanyaan dalam sesi cerdas cermat.

Para juri menilai, tampilan blog KIM Citra Taruna Kenanga cukup menarik dan kaya konten. Dari segi desain, misalnya, blog tersebut dihiasi "slideshow" berisi potensi lokal seperti dodol temulawak dan tas daur ulang dari sampah plastik dan bungkus semen.

Anggota Bidang pengelolaan Infokom KIM Citra Taruna Kenanga, Heri Winarko, mengatakan, blog tersebut sudah dibuat sejak dua tahun yang lalu. Pihaknya juga selalu rutin memperbarui konten dan berita yang diunggah di blog KIM-nya tersebut.

"Informasinya beragam, mulai kegiatan warga di Kelurahan Winongo, potensi lokal Kelurahan Winongo, hingga berita tentang Wali Kota Bambang Irianto dan Pemkot Madiun secara keseluruhan," kata dia.

Kemenangan tim KIM Citra Taruna Kenanga membuat Lurah Winongo dan warganya bangga. "Ini kemenangan seluruh masyarakat Kelurahan Winongo. Kami optimistis akan meraih juara di ajang LCCK KIM di tingkat Bakorwil. Mulai sekarang persiapan akan lebih dimantapkan lagi untuk membawa Kota Madiun di tingkat Bakorwil dan Jawa Timur," tutur Sudrajat.

Melek Teknologi
Wali Kota Madiun Bambang Irianto menyambut baik ajang LCCK KIM Kota Madiun 2016 yang dimentori oleh Bagian Humas dan Protokol Kota Madiun. Sebab kegiatan tersebut mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Kota Madiun.

"Tergantung warga mau belajar atau tidak. Jika mau belajar, internet itu bisa menghasilkan rupiah yang tidak terhingga. Sekarang ini era canggih dan itu peluang yang harus dikembangkan," kata Bambang Irinto.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Madiun, Misdi, mengatakan, tujuan utama dari LCCK KIM Kota Madiun 2016 adalah merangsang warga Kota Madiun untuk melek teknologi. Apalagi, masyarakat saat ini semakin akrab dengan alat teknologi informasi seperti laptop dan "gadget".

"Karena itu, sudah waktunya kemajuan dan kecaggihan teknologi ini disikapi dengan bijak dan dimanfaatkan untuk hal-hal positif," ujar Misdi kepada wartawan.

Di antaranya, digunakan untuk mempromosikan produk unggulan masing-masing kelurahan. Dari situ, diharapkan akan menciptakan pasar yang tak terbatas dan muaranya adalah meningkatkan pendapatan masyarakat lokal.

Pihaknya mengapresiasi 27 KIM yang sudah mengelola blog dengan baik dan ikut menyebarluaskan informasi terkait capaian dan berbagai program kerja pemkot. 

"Diharapkan lebih baik lagi agar mampu bersaing di tengah pasar global yang semakin canggih. Saya yakin 27 KIM di Kota Madiun bisa," imbuhnya. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016