Sidoarjo, (Antara Jatim) - Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Kecamatan Tulangan, Sidoarjo mengajak kepada warga masyarakat setempat untuk mengkonsumsi ikan hasil tangkapan dari nelayan Sidoarjo, dalam rangka memperingati hari Nelayan Nasional.

Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, Azhriel Andika, Rabu, mengatakan, pihaknya mengajak kepada warga Sidoarjo untuk mengkonsumsi ikan hasil tangkapan para nelayan yang ada di Sidoarjo.

"Kami mengajak kepada warga masyarakat untuk turut serta membudayakan makan ikan hasil tangkapan nelayan yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini," ujarnya.

Aksi para siswa itu dilakukan di depan kantor Perikanan dan Kelautan Sidoarjo di mana dalam aksinya para siswa itu mengenakan pakaian nelayan serta  membagikan stiker yang bertuliskan "Ayo Beli Ikan Hasil Nelayan Sidoarjo".

Selain membagikan stiker siswa yang lainnya membakar ikan di pinggir jalan tepatnya di trotoar jalan, setelah ikan tersebut matang kemudian ikan itu di bagikan ke pengguna jalan.

"Hari ini kami peringati hari Nelayan Nasional dan berharap agar masyarakat di Sidoarjo ini membeli ikan hasil tangkapan nelayan, karena ikan itu sangat di butuhkan oleh tubuh," imbuhnya.

Sementara itu Anik Mujiati salah satu staf Humas SMP Muhammadiyah 5 Tulangan mengatakan, seiring bergulirnya waktu di Kabupaten Sidoarjo profesi nelayan makin ditinggalkan dan terpinggirkan dan kurang memberikan kesejahteraan.

"Dis isi lain hasil tangkapan dan budidaya ikan juga makin menurun karena kualitas air sungai dan pesisir  sudah tercemar," katanya.

Namun demikian, kata dia, dirinya berharap pada masyarakat di Kabupaten Sidoarjo untuk tetap membeli ikan dari hasil tangkapan nelayan.

"Karena bahwa Indonesia negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang terpanjang  ke dua di dunia dan hampir 60 persen penduduknya tinggal dan hidup di wilayah pesisir pantai," tuturnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016