Pamekasan (Antara Jatim) - Sebanyak 120 kelompok tani di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor tangan dari pemkab setempat yang penyerahan bantuan tersebut digelar di Makodim 0826 Pamekasan, Jumat pagi.

"Penyerahan sengaja digelar di Makodim, karena prajurit TNI dipercaya kembali untuk menjadi pendamping petani pada musim tanam kali ini," kata Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Arm Mawardi.

Selain itu, kata Dandim, dengan mengetahui secara langsung kelompok tani penerima bantuan, maka pihaknya bisa melakukan pengawasan.

Dandim menjelaskan, bantuan alsintan oleh Pemkab Pamekasan kepada kelompok tani diharapkan bisa tetap sasaran dan tepat guna, sehingga target yang diinginkan pemerintah, yakni meningkatkan hasil produksi pertanian bisa tercapai.

Kelompok tani penerima bantuan traktor tangan itu tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Sebelumnya, pihak TNI dari masing-masing koramil di 13 kecamatan bersama Badan Penyuluh Pertanian (BPP), telah memberikan arahan kepada para ketua kelompok tani penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan itu secara maksimal.

TNI juga meminta agar pengurus tidak menjual bantuan itu, dan apabila ada kelompok tani yang diketahui menjual bantuan pemerintah tersebut untuk kepentingan pribadi, maka akan diproses secara hukum. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016