Jombang (Antara Jatim) - Ribuan warga memadati lokasi lapangan Desa/Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, berebut buah durian yang diberikan secara gratis dalam kegiatan kenduri durian.
     
Bupati Jombang Nyono Suharli mengemukakan kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan di Desa Wonosalam. Salah satunya, ingin mengenalkan potensi buah durian khas dari Jombang ke warga.
     
"Kami ingin jadikan desa ini sebagai destinasi wisata. Dengan kegiatan ini, buah durian dari Wonosalam akan semakin dikenal," kata Bupati di Jombang, Minggu.
     
Sementara itu, Wartomo, salah seorang panitia mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud syukur atas rejeki yang diberikan Tuhan. Buah durian tumbuh subur di Kecamatan Wonosalam, sehingga warga ingin membagikannya.
     
Panitia sudah melakukan persiapan dengan maksimal. Dalam kegiatan itu, panitia membagikan sebanyak 2016 buah durian. Seluruh buah durian ditata sedemikian rupa menyerupai gunungan yang menjulang tinggi sekitar 10 meter. 
     
Selain ditata menjadi gunungan setinggi 10 meter, terdapat gunungan kecil lainnya yang juga berisi buah durian serta beragam buah lainnya seperti rambutan. Seluruhnya juga ditata sedemikian rupa, sehingga bisa dinikmati masyarakat.
     
Namun, kegiatan itu tidak sepenuhnya tertib. Warga sudah saling berebut gunungan kecil yang diarak menuju ke lapangan. Bahkan, sejumlah perempuan yang membawa buah juga agak khawatir, sebab mereka sudah diapit oleh warga yang hendak berebut buah.
     
Di gunungan utama yang setinggi 10 meter tersebut, warga tidak bisa mendekat, sebab panitia sudah memberi pagar. Warga hanya bisa menunggu panitia yang membagikan buah durian tersebut.
     
Kendati diberi, karena saling berebut, sejumlah warga mengalami luka, bahkan ada yang pingsan. Mereka terluka akibat terkena duri dari buah durian yang tajam. Rata-rata, luka yang diderita warga berada di tangan, akibat berebut buah durian.
     
Sumarni, salah seorang warga mengatakan ia memang sengaja datang ke acara ini dengan keluarga. Ia sangat menyukai durian, sehingga ketika ada yang memberikan grati ia pun juga sangat berminat.
     
"Saya dapat dua. Tapi, tangan terkena duri, jadi luka sedikit," kata Sumarni dengan menahan sakit.
    
Kenduri durian yang diselenggarakan di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, tersebut merupakan agenda tahunan. Durian di kecamatan tersebut jenisnya beragam, salah satunya durian bido. Jenis durian tersebut rasanya sangat legit. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016