Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur menangkap seorang pelaku penggelapan dan penipuan mobil berinisial M, yang sempat berusaha melarikan diri sampai dengan wilayah Indonesia Timur yakni Papua.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Kediri Ajun Komisaris Polisi Muhammad Aldy Sulaiman, Rabu, mengatakan, tersangka berhasil ditangkap setelah diburu oleh anggota sampai Papua.

"Pelaku ini diduga banyak melakukan tindak pidana, terutama masalah penipuan terhadap roda empat atau juga roda enam jenis truk," katanya saat dikonfirmasi di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, modus operandi yang digunakan oleh pelaku yaitu berpura-pura meminjam kendaraan roda empat di sebuah rental kendaraan kemudian kendaraan tersebut dijual.

"Ada juga yang berpura-pura menjalin kerja sama dengan meminjam kendaraan milik korban, tetapi dalam kerja sama tersebut pelaku melarikan kendaraan dan menjualnya," katanya.

Ia mengatakan, pelaku sempat melarikan diri ke Papua selama satu bulan terakhir untuk menghindari kejaran petugas kepolisian.

"Akan tetapi, berkat kerja sama dengan petugas keamanan di Papua akhirnya kami berhasil menangkap pelaku mengingat kondisi medan di papua banyak hutan dan jurang," katanya.

Ia menyebut, total kerugian korban terkait dengan aksi penipuan dan penggelapan ini dirinya mengaku belum tahu pasti tetapi jumlahnya lebih dari Rp1 miliar.

"Untuk lebih pastinya kami akan melakukan penyidikan lebih mendalam terkait dengan kasus ini supaya bisa terbongkar seluruhnya," katanya.

Ia mengatakan, dari laporan yang masuk sementara, pelaku biasa melakukan aksinya ini di wilayah hukum Kediri dan juga di beberapa kabupaten lainnya seperti di Blitar.

"Untuk laporan yang masuk pelaku beraksi di Kediri dan juga Blitar, tetapi kami masih mendalami apakah pelaku juga melakukan aksi di tempat lain di Jawa Timur," katanya.

Pada saat di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya, pelaku datang bersama dengan pengawalan dari Petugas Satreskrim Polres Kediri dengan menggunakan pesawat Garuda nomor penerbangan GA-670. Pesawat dari Papua ini terlebih dahulu transit di Ujung Pandang kemudian menuju ke Bandara Internasional Juanda Surabaya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016