Sidoarjo, (Antara Jatim) - Lapindo Brantas Inc (LBI) memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok dan obat-obatan kepada ratusan warga tiga desa di sekitar sumur pengeboran miliknya yang beberapa hari ini terkena musibah banjir.

PR Manajer Lapindo Brantas Inc, Arif Prasetyo Widodo, Sabtu, mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Lapindo tersebut masing-masing untuk warga di Desa Pesawahan, Desa Candi dan Desa Wunut, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

"Masing-masing bantuan diserahkan di balai desa melalui melalui kepala desa maupun perangkat yang sudah koordinasi dengan pihak Lapindo," katanya.

Ia mengemukakan, bantuan yang diberikan ini merupakan bantuan yang sifatnya rutin dilakukan ketika warga di sekitar sumur pengeboran milik Lapindo mendapatkan musibah.

"Setiap ada banjir yang menggenangi rumah warga, kami tidak menutup mata dan mencoba ikut meringankan beban yang diderita oleh warga," katanya.

Pria yang akrap disapa Yoyok ini mengatakan, pihaknya akan terus peduli terhadap masyarakat terutama yang terkena musibah seperti sekarang ini melalui bantuan perusahaan.

"Kepedulian itu bisa diwujudkan melalui program 'corporate social responsibility' (CSR) perusahaan untuk kepentingan masyarakat maupun melalui program lainnya," katanya.

Saat memberikan bantuan tersebut, lanjut dia, pihaknya juga berencana akan mendatangkan bantuan air bersih untuk warga. 

"Air bersih termasuk salah satu kebutuhan yang diperlukan warga untuk memasak, air minum dan lain sebagainya. Karena air bersih dibutuhkan warga akan segera kami ke lokasi desa-desa terkena banjir," katanya.

Di sejumlah desa di Kabupaten Sidoarjo saat ini terdapat beberapa daerah yang terendam banjir, salah satunya di tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Porong, Tanggulangin dan juga di Kecamatan Candi.

Banjir juga melanda Jalan Raya Porong sehingga membuat pengguna jalan harus dialihkan ke Jalan Arteri untuk menghindari luapan banjir. Selain itu, banjir juga menggenangi rel kereta api sehingga mengganggu jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api yang menuju ke wilayah Malang dan Banyuwangi.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016