Ngawi (Antara Jatim) -  Hasil Rekapitulasi suara tingkat kabuaten diketahui pasangan petahana Budi Sulistyono dan Ony Anwar (OK) unggul dengan meraih 454.041 suara atau 87,65 persen dalam Pilkada Ngawi, Jawa Timur.
     
Sedangkan, kompetitornya, pasangan Agus Bandono dan Adi Susila (ABAS) dari jalur perseorangan, mendapatkan 63.958 suara atau 12,35 persen.
     
"Pasangan Budi Sulistyono dan Ony Anwar diketahui sebagai pemenang Pilkada Ngawi 2015 dengan raihan suara sebanyak 454.041 suara atau 87,65 persen," ujar Komisioner KPU Ngawi, Sasthaputra Pramudya, saat rapat pleno rekapitulasi suara yang dilakukan di Ngawi, Rabu.
     
Pasangan Budi Sulistyono dan Ony Anwar tersebut tercatat meraup suara tinggi hampir di semua TPS yang ada di Kabupaten Ngawi. 
     
Dengan ditetapkannya hasil rekapitulasi suara Pilkada Ngawi 2015 tersebut, maka pihak-pihak yang tidak setuju dan tidak mendukung penetapan KPU diberikan waktu selama tiga hari untuk melakukan keberatan atau gugatan.
     
Pihaknya bersyukur tahapan Pilkada Ngawi dapat berjalan lancar. Terlebih saat pemungutan suara dan proses rekapitulasi suara, baik dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.
     
"Pilkada Ngawi berjalan aman dan lancar. Jika tidak ada gugatan, penetapan pasangan calon pemenang akan dilakukan pada tanggal 21 Desember mendatang," kata dia. 
     
Adapun pelantikan pasangan Budi Sulistyono dan Ony Anwar sebagai Bupati dan wakil Bupati Ngawi periode 2016-2021 direncanakan akan berlangsung pada Maret tahun depan.
     
Sementara, meski proses rekapitulasi suara berlangsung aman, kegiatan tersebut mendapat pengamanan ketat dari Polres Ngawi, Kodim 0805 Ngawi, dan diawasi oleh Panwaslu Ngawi serta masing-masing saksi dari pasangan calon.  (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015