Sumenep (Antara Jatim) - Pasangan nomor urut 2 pada Pilkada Sumenep 2015, Zainal Abidin-Dewi Khalifah (Eva) berjanji akan mewujudkan tata kelola birokrasi yang profesional dalam rangka terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih.

"Kami akan melaksanakan tata kelola birokrasi secara profesional supaya nantinya melahirkan birokrat yang mumpuni dan berada di tempat tugas sesuai kemampuannya," kata Zainal Abidin di Sumenep, Jawa Timur, Jumat sore.

Pada Jumat sore, pasangan Zainal-Eva menggelar kampanye terbuka atau rapat umum di lapangan Kecamatan Guluk Guluk.

"Seorang birokrat yang ditempatkan berdasarkan kemampuannya akan membuatnya paham dan nyaman dalam bertugas. Ketika sudah paham dan nyaman, tentunya birokat tersebut akan mampu bekerja secara prima untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik," ujarnya.

Selain itu, kata Zainal, pihaknya akan berusaha secara maksimal agar para petani tidak lagi sulit untuk memperoleh pupuk bersubsidi.

Pasangan ZA-Eva juga berjanji akan melakukan percepatan pembangunan di wilayah kepulauan dengan cara mengalokasikan 30 persen anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

"Kami tidak ingin warga kepulauan merasa menjadi 'anak tiri' Pemkab Sumenep. Pada prinsipnya, kami akan melakukan terobosan dalam rangka mewujudkan perubahan Sumenep yang lebih baik," kata Zainal.

Sumenep terdiri atas 27 kecamatan dan sembilan di antaranya berada di wilayah kepulauan.

Ketua Tim Pemenangan ZA-Eva, KH Moh Ramdlan Siraj hadir langsung dalam kampanye terbuka tersebut sekaligus menjadi juru kampanye.

"Jabatan bupati-wakil bupati itu adalah amanah rakyat dan pasangan ZA-Eva sudah berkomitmen untuk benar-benar memikirkan kebutuhan rakyat. Kalau sampai mereka mengabaikan rakyat, saya akan menjadi orang pertama untuk melakukan protes," kata Ramdlan yang mantan Bupati Sumenep dua periode tersebut.

Pasangan Zainal-Eva diusung oleh gabungan delapan parpol, yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang.

Pada Jumat sore, pendukung pasangan Zainal-Eva memenuhi lapangan Kecamatan Guluk Guluk yang menjadi lokasi kampanye terbuka.

Pilkada Sumenep 2015 yang akan digelar pada 9 Desember diikuti oleh dua pasangan, yakni A Busyro Karim-A Fauzi di nomor urut 1 (satu) dan Zainal Abidin-Dewi Khalifah di nomor urut 2 (dua).

Pasangan A Busyro Karim-A Fauzi diusung oleh gabungan dari dua partai politik (parpol), yakni Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015