Jakarta (Antara) - Asosiasi Pemilik Kapal Nasional (Insa) memproyeksikan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya akan menjadi pusat arus logistik nasional.

Ketua DPC Insa Surabaya Stenvens Lesawengen dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Minggu, menilai pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo III tersebut memiliki keunggulan kedalaman (draft) dan kecanggihan alat bongkar muat, serta secara geografis berlokasi "di tengah-tengah" Nusantara.

Menurut dia, hal itu semakin menguatkan infrastruktur pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut untuk menjadi hub-port. "Semoga bisa mendukung peningkatan produktivitas pengusaha dan tentunya menekan biaya logistik nasional", katanya.

Selain itu, dia mengatakan sejumlah fasilitas di Pelabuhan Tanjung Perak terbilang maju. Dia mencontohkan tidak hanya membangun infrastruktur logistik seperti Terminal Teluk Lamong dan JIIPE (Java Integrated Industrial & Ports Estate), tetapi juga bangunan terminal penumpang kapal laut modern yang setara bandara.

"Fasilitas sudah mendukung kegiatan leisure. Apalagi di Surabaya belum banyak tempat santai yang didukung suasana laut", katanya. (*)

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015