Surabaya (Antara Jatim) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pencatatan Sipil 2015 di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Selasa malam.

"Rakernas ini intinya mengkoordinasikan bahwa ada satu komando, mulai Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri hingga di dinas terkait tingkat II sampai ke kecamatan," ujarnya ketika ditemui usai pembukaan.

Usai rakernas nantinya, kata dia, diharapkan seluruh dinas kependudukan dan pencatatan sipil mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota semakin menjadi pelayan yang baik kepada masyarakat.

"Setelah ini harus meningkat, termasuk percepatan pelayanan masyarakat, khususnya menyangkut data kependudukan, akta kelahiran, KTP Elektronik, dan lainnya," ucap mantan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan tersebut.

Tidak itu saja, lanjut dia, pekerjaan harus ditata dan dilakukan dengan kerja keras, serius, penyimpanan arsip yang baik hingga kepemilikan gedung khusus karena ini menyangkut data kependudukan, bukan sekadar menjamin keamanan semata.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa pelaksanaan rakernas ini memiliki tiga agenda besar, yakni mensosialisasikan kebijakan di bidang adminitrasi kependudukan, khususnya kebijakan pencatatan sipil.

Kemudian, memaksimalkan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran, khususnya bagi kalangan anak dari usia 0 tahun sampai dengan kurang dari 18 tahun.

"Ketiga, percepatan pelaksanaan program dan kegiatan adminitrasi kependudukan 2015, baik di pusat maupun provinsi melalui dana dekonsentrasi dan dana tugas pembantuan di kabupaten/kota," katanya.

Rakernas angkatan II ini diikuti 11 provinsi  yang diselenggarakan mulai 6-8 Oktober 2015 di Surabaya, setelah pada 28-30 September digelar Rakernas I di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Nantinya, Rakernas angkatan III diselenggarakan di Kota Jambi, Provinsi Jambi yang bakal dilaksanakan pada 28 sampai 30 November 2015," katanya.

Penyelenggaran rakernas kali ini bertema "Setelah 70 Tahun Merdeka, Ayo Kerja Mewujudkan Nawa Cita Pertama Pemerintah Untuk Menghadirkan Negara Yang Bekerja, Memberikan Rasa Aman dan Melindungi Melalui Peningkatan Pelayanan Pencatatan Sipil". (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015