Jember (Antara Jatim) - Nama M. Dwi Koryanto yang merupakan calon Wakil Bupati Jember yang berpasangan dengan Sugiarto tidak masuk dalam daftar pemilihan sementara (DPS) pemilihan umum kepala daerah setempat.

"Kami menerima laporan dari pihak yang bersangkutan dan setelah dicek ternyata tidak ada nama cawabup Dwi Koryanto beserta istri dalam DPS Pilkada yang sudah dipasang di balai desa/kelurahan setempat," kata anggota Panwaslu Jember, Nur Elya Anggraeni di Jember, Rabu.

Menurutnya, Panwaslu langsung mengecek nama cawabup nomor satu itu melalui sistem dalam jaringan (daring) yakni Mohammad Dwi Koryanto yang beralamatkan di Jalan Semangka Nomor 51 di Kecamatan Patrang tidak masuk dalam DPS.

"Setelah dicek, tidak hanya cawabup nomor urut satu saja yang tidak terdata, namun istri dan kedua orang tuanya juga belum masuk dalam DPS," katanya.

Ia berharap semua masukan atau tanggapan warga atas pengumuman DPS akan ditindaklajuti oleh KPU sebagai bahan untuk menetapkan DPS hasil perbaikan karena banyak temuan di lapangan warga belum masuk DPS.

"Kami juga minta pengawas pilkada di lapangan untuk benar-benar cermat dalam memantau DPS untuk melihat apakah semua warga yang punya hak pilih sudah masuk dalam DPS atau tidak," ucap mantan jurnalis itu.

Sementara Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi mengatakan tidak masuknya nama sejumlah warga termasuk cawabup Jember yang berpasangan dengan Sugiarto karena beberapa hal di lapangan.

"Ada kemungkinan saat petugas melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit), pemilih yang bersangkutan tidak ada di rumah atau bisa terjadi kesalahan memasukkan data oleh petugas," tuturnya.

Menurut dia, KPU akan menindaklanjuti hasil temuan Panwaslu di lapangan dan meminta semua warga yang punya hak pilih untuk melihat pengumuman DPS di masing-masing kelurahan/desa.

"Kalau belum terdata dalam DPS, maka bisa melaporkan ke panitia pemungutan suara (PPS) di desa/kelurahan, agar dimasukkan dalam data DPS perbaikan," ucap komisioner KPU Divisi Sosialisasi itu.

Pilkada Jember yang digelar 9 Desember 2015 diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni Sugiarto-Dwi Koryanto dengan nomor urut 1 (satu) dan Faida-A. Muqit Arief dengan nomor urut 2 (dua).

DPS Pilkada Jember sebanyak 1.930.863 pemilih dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 955.346 orang dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 975.517 orang. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015