Surabaya (Antara Jatim) - Panitia Penyelenggara Kesehatan Haji (PPKH) Embarkasi Surabaya telah memulangkan seorang calon haji (calhaj) bernama Erna Latifah Usroh (43) asal Jombang, karena diketahui hamil 4-5 minggu.

"Calhaj hamil itu boleh berangkat ke Tanah Suci, tapi kalau usia kehamilannya 14-26 minggu, sedangkan kurang atau lebih dari itu cukup rawan," kata dokter piket di Bagian Kesehatan PPKH Surabaya, dr Suharnoto, Senin.

Oleh karena itu, calhaj kloter 15 itu akhirnya dipulangkan ke daerahnya pada Jumat (28/8) lalu. "Dia batal berangkat bersama suaminya, karena keduanya sama-sama tunda berangkat hingga tahun depan," katanya.

Hingga kini, katanya, tercatat delapan calhaj yang tertunda berangkat ke Tanah Suci, karena sakit, namun ada lima calhaj yang sakit tapi akhirnya berangkat dengan kloter berikutnya, karena kesehatannya pulih.

"Dari delapan tunda karena sakit itu ada tiga calhaj yang akhirnya dipulangkan ke daerah atau tunda hingga tahun depan yakni seorang calhaj gila, seorang calhaj yang sakit pasca-bedah otak, dan seorang calhaj hamil," katanya. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015