Lamongan, (Antara Jatim) - Enam jajaran Koramil di Kodim 0812 Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menggelar lomba pentas drama kolosal dalam rangka Hari Kemerdekaan ke-70 RI di Markas Kodim 0812 Lamongan. 
     
Dandim 0812 Letkol Inf Jemz Andre Ratu Edo, Rabu mengaku kegiatan ini sengaja digelar di kalangan Koramil untuk memupuk rasa nasionalisme di kalangan generasi muda.
     
"Lomba yang digelar dalam rangka peringatan HUT ke-70 RI ini juga untuk pengenalan pahlawan nasional, terutama pahlawan dari Lamongan," ucap Jemz Andre, Rabu dalam keterangan persnya di Lamongan.
    
Dikatakannya, dengan diadakannya drama kolosal yang bertemakan perjuangan, dapat diketahui dan dipelajari tentang bagaimana berat dan tulusnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dan mepertahankannya.
     
"Sebagai generasi penerus bangsa, hendaknya dapat mengambil nilai-nilai luhur dari kisah perjuangan tersebut, sebagai landasan berfikir, bersikap dan bertindak yang positif dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari–hari dalam membangun bangsa sesuai dengan bidang keahlian masing–masing," katanya.
     
Sementara itu, enam sanggar di bawah binaan masing–masing Koramil jajaran Kodim 0812 yang ikut lomba di antaranya Sanggar Drama dari  Koramil Kota, Koramil Babat, Koramil Sekaran, Koramil Ngimbang, Koramil Glagah dan Koramil Kedungpring.
     
"Setiap peserta lomba terlihat maksimal mempersiapkan materi dan properti drama, meski saya mengakui persiapan mereka cukup mepet," katanya.
     
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan Eko Agus Trihandono mengaku sangat berterima kasih kepada jajaran Kodim 0812 yang telah menyelengarakan pentas drama kolosal guna mengingat perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita.

"Ini adalah kegiatan positif, dan kita harapkan bisa berlanjut secara rutin setidaknya setahun sekali, serta berharap kepada seluruh peserta untuk dapat menjiwai peran yang dijalani dalam cerita dengan maksimal, agar dapat terima oleh seluruh penonton," katanya.(*)


Pewarta: Abdul Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015