Jember (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, berusaha menekan angka golongan putih (golput) dalam pemilihan kepala daerah setempat lewat jalan-jalan santai (JJS) sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat.

"KPU melakukan berbagai cara sosialisasi pilkada, agar angka ketidakhadiran pemilih atau golput bisa menurun dibandingkan pemilihan umum sebelumnya," kata Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi, Sabtu.

Ia mengatakan salah satu ciri demokrasi yang berhasil yakni rendahnya angka golput karena nasib Kabupaten Jember lima tahun ke depan ditentukan oleh pilihan warga yang berada di daerah setempat.

 "Anda semua yang disini mengikuti kegiatan JJS yang merupakan ajang sosialisasi pilkada, sehingga ayo sukseskan Pilkada Jember pada 9 Desember 2015 dan jangan golput," tuturnya saat memberikan sambutan kepada peserta jalan santai tersebut.

Menurutnya, peran masyarakat sipil sangat vital pada sektor pembangunan suatu daerah ke depan karena suara yang diberikan oleh masyarakat saat pencoblosan merupakan penentu arah pembangunan daerah.

"Partisipasi masyarakat sangat menentukan nasib Jember lima tahun ke depan, sehingga satu suara sangat berarti dan slogan kami 'Lima menit untuk lima tahun'," kata Komisioner KPU Jember Divisi Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga.

Hanafi menjelaskan objektifitas dan profesionalisme penyelenggara pemilu menjadi faktor penentu terwujudnya Pilkada Jember yang baik dan aman, sehingga KPU akan bersikap profesional dan netral terhadap seluruh calon yang maju dalam pilkada mendatang.

Pantauan di lapangan ribuan peserta JJS Pilkada Jember itu antusias mengikuti kegiatan jalan santai karena setiap peserta juga bisa mendapatkan kupon undian secara gratis.

Kupon undian tersebut dapat ditukarkan dengan beberapa hadiah bagi peserta yang beruntung antara lain dispenser, kipas angin, mesin cuci, kulkas hingga hadiah utama yakni satu unit Sepeda Motor Yamaha Mio M3.

Sementara itu, KPU Jember akan membuka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati sebagai peserta Pilkada Jember pada 26-28 Juli 2015 di Kantor KPU setempat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015