Bangkalan (Antara Jatim) - Badan Amil Zakat (BAZ) Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Selasa, membagikan 2.100 paket sembako kepada anak yatim dan fakir miskin di wilayah itu.

Pembagian zakat, infaq dan sedekah dalam bentuk sembako itu, digelar di Pendopo Agung Pemkab Bangkalan.

"Ada delapan asnaf  yang mendapatkan paket sembako kali ini, antara lain, anak yatim, fakir miskin, kaum dua'afa dan guru ngaji," kata Ketua BAZ Bangkalan, Nuruddin Arrahman, Selasa.

Ia menjelaskan, ada dua jenis zakat yang dikelola oleh Baz Bangkalan. Diantaranya Zakat Konsumtif dan zakat produktif. 

Untuk zakat konsumtif ini biasanya disalurkan tiap tahun pada saat Ramadhan dan mendekata Hari Raya Idulfitri. 

"Namun kedepan kita bisa mengeluarkan zakat konsumtif tiap hari, dengan program bidik duafa, yakni, orang tua yang menggantungkan hidupnya kepada orang lain, jadi kita bisa membiaya biaya hidupnya," ungkapnya.

Sedangkan, zakat produktif, yakni zakat yang sifatnya memberi kemandirian pada 8 asnaf (penerima zakat). Artinya, Baz akan memberikan bantuan modal bergulir antara 1-3 juta perorang. 

Dana yang terkumpul oleh BAZ Bangkalan tahun ini sebesar Rp500 juta, dengan rincian penyaluran, Rp325 juta zakat konsumtif, sisanya Rp175 juta berupaya zakat produktif.

"Dari dana sebesar Rp175 juta untuk zakat produktif ini, kami juga menyediakan pinjaman usaha tanpa bunga untuk kelompok usaha kecil dan menengah yang ada di Bangkalan ini," ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Bangkalan Muh Makmun Ibnu Fuad berharap dengan bantuan ini bisa membantu masyarakat dalam mememuhi kebutuhan di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri.

"Kami juga sangat mengapresiasi ide Baz, yang memberikan bantuan program zakat produktif bagi 8 asnaf ini," kata Makmun. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015