Sumenep (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, Senin, menggelar pasar murah Ramadhan 2015 di lima lokasi secara serentak, semuanya di wilayah daratan.

"Pasar murah Ramadhan tahun ini digelar di lima lokasi, yakni di Kecamatan Kota, Gapura, Dasuk, Saronggi, dan Pragaan," kata Bupati Sumenep, A Busyro Karim di Sumenep, Senin.

Pelaksanaan pasar murah Ramadhan itu dibuka secara resmi oleh Busyro di salah satu lokasi, yakni di depan Kantor Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Sumenep di Kecamatan Kota.

Setelah itu, Busyro dan sejumlah pejabat yang tergabung dalam Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sumenep, di antaranya Kapolres AKBP Rendra Radita Dewayana dan Dandim 0827 Letkol (Inf) Permadi Azhari, meninjau langsung aktivitas di pasar murah Ramadhan tersebut.

Pembukaan secara resmi itu sebagai tanda atau simbol dimulainya aktivitas pasar Ramadhan di lima lokasi yang digagas pemerintah daerah setempat.

Harga komoditas atau barang kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah Ramadhan itu lebih murah, karena disubsidi oleh peserta atau lembaga yang berpartisipasi dalam pasar murah Ramadhan.

"Kami memang melibatkan semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD), badan usaha milik daerah, badan usaha milik negara, dan lembaga perbankan yang berada di Sumenep untuk berpartisipasi dalam pasar murah Ramadhan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto.

Atok, sapaan Hadi Soetarto, menjelaskan, pihaknya meminta semua lembaga yang berpartisipasi dalam pasar murah Ramadhan itu untuk menyediakan aneka kebutuhan pokok dan selanjutnya dijual kepada warga dengan harga yang lebih murah. 

"Kegiatan ini merupakan program sosial atau tidak mencari keuntungan. Sebagian komoditas dalam pasar murah ini dijual melalui sistem kupon dan sebagian lainnya melalui penjualan langsung," ujarnya, menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015