Surabaya (Antara Jatim)- "Teknopreneur" atau wirausaha yang menjalankan bisnisnya dengan basis teknologi sekaligus pemilik situs Bukalapak.com, Ahmad Zaky, berbagi kiat dan pengalaman suksesnya di hadapan pengusaha muda di Surabaya, Sabtu.

"Awal membuat bisnis ini tidak ada yang percaya, begitu juga rekan-rekan mahasiswa. Tapi yang membuat saya kuat adalah mimpi serta kepercayaan," ujarnya.

Nama Achmad Zaky saat ini begitu tenar dan meroket seiring semakin meningkatnya bisnis yang dikelolanya, yakni berupa situs layanan jual beli dalam jaringan (online).

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut awalnya mengaku optimistis meski banyak yang tidak mempercayai, sehingga harus dimulai dari nol.

Ia pun menceritakan kisah dan pengalamannya saat pertama kali membuka situs yang saat ini mampu mempekerjakan ratusan karyawan tersebut.

Bersama rekan yang saat ini menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO), ia membuka Bukalapak.com dengan promosi melalui facebook.

Bisnisnya merupakan situs layanan jual-beli menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke konsume dan melayani pembeli dari seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.

"Selama setahun pertama, saya promosi lewat pesan di Facebook. Sekitar 500 orang saya kirimi pesan setiap hari. Responnya pun beragam," ucapnya.

Perjuangan Zaky tak sia-sia karena Bukalapak.com cukup sukses dan berhasil menggaet 15 ribu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Lima tahun berselang, Bukalapak.com berkembang pesat. Saat ini sudah ada 250.000 pelaku UKM yang menjadi member Bukalapak," katanya.

Saat ini Zaky sudah mempekerjakan sekitar 150 karyawan dan diharapkan berkembang menjadi 1.000 orang salam tiga tahun ke depan.

Sementara itu, ia juga menginginkan memiliki kampus berisi anak muda kreatif yang peduli dengan UKM di Indonesia.

"Tanamkan bahwa diri kita harus berkembang. Minimal satu persen setiap hari, atau lima persen setiap minggu," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015