Magetan (Antara Jatim) - Petugas Inspektorat Magetan, Jatim, bersama Badan Kepegawaian Daerah dan Satpol PP setempat, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah kantor SKPD untuk mengetahui ada atau tidaknya PNS bolos kerja pada Senin (1/6) yang diapit dua libur nasional.

     Kepala Inspektorat Kabupaten Magetan, Mei Sugihartini, mengatakan, inspeksi mendadak (sidak) di antaranya dilakukan di kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Magetan, kantor Kecamatan Sukomoro, dan lainnya.

     "Sidak kali ini untuk melihat kedisiplinan PNS Magetan dalam bertugas di hari Senin yang diapit oleh dua hari libur nasional. Hasilnya, seperti dilihat tadi, kedisiplinan PNS Magetan masih tergolong baik," ujar Mei Sugihartini kepada wartawan.

     Menurut dia, dari sidak tersebut diketahui tidak ada PNS yang bolos atau tidak hadir tanpa keterangan. Memang terdapat beberapa PNS yang tidak masuk kerja, namun para PNS tersebut izin karena sakit dan ditujukkan dengan surat sakit dari dokter. 

     "Ada beberapa PNS yang tidak masuk kantor, namun mereka izin karena alasan sakit. Tidak ada PNS yang tidak hadir tanpa keterangan," kata dia.

     Ia menambahkan, secara umum, sidak dilakukan di semua kantor SKPD yang ada di Magetan. Ada tujuh tim yang turun ke lapangan untuk mendatangi kantor SKPD secara keseluruhan. Tim tersebut merupakan petugas gabungan bari Inspektorat, BKD, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten  Magetan. 

     Pihaknya berharap dengan sidak dan tindakan tegas lainnya, para PNS di Kabupaten Magetan dapat lebih disiplin dalam menjalankan tugasnya dengan baik. 

     Ke depan, lanjut Mei, pihaknya akan rutin dengan jadwal yang tidak diketahui akan melakukan sidak ke kantor-kantor SKPD. Namun, sidak biasanya dilakukan setelah liburan panjang saat Hari Raya Idul Fitri dan keagamaan lainya. 

     "Sebagai abdi negara, PNS harus memberikan contoh yang baik dalam bekerja. Yakni tidak terlambat datang dan tidak bolos," katanya.  (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015