Lamongan,(Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur siap memfasilitasi keperluan pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung di wilayah itu Desember 2015, dan mengimbau agar seluruh Camat memberikan kemudahan kepada Panwas Kecamatan.



"Kepada seluruh Camat, saya imbau untuk memberikan fasilitas kepada Panwascam, baik berupa tempat atau administratif untuk kelancaran Pilkada mendatang," ucap Bupati Lamongan, Fadeli, Minggu.



Dikatakannya, pemberian fasilitas kepada keperluan Pilkada sebagi komitmen Pemkab mendukung pesta demokrasi yang berlangsung di wilayah tersebut.



Meski demikian, pihaknya meminta agar program dan dana pembangunan masyarakat Lamongan tetap berjalan, dan jangan sampai terganggu.



"Kita harapkan dengan komitmen seperti ini, Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015 bisa berjalan dengan sukses, lancar, aman dan kondusif," ujarnya.



Sementara itu, Ketua Panwas Kabupaten Lamongan Tony Wijaya mengatakan tahapan Pilkada saat ini telah memasuki pengambilan sumpah kepada 81 anggota Panwas kecamatan.



Pengambilan sumpah kepada 81 anggota baru itu adalah hasil dari seleksi yang dilakukan Panwas Kabupaten Lamongan dari 250 orang yang awalnya ikut mendaftar sebagai anggota Panwascam.



"Mereka yang dilantik itu adalah yang terpilih dari 250 orang pendaftar dan lolos seleksi tulis serta wawancara, dan tugas Panwas Kecamatan tidak mudah, karena mempunyai kewajiban berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu," tuturnya.



Ia menjelaskan Panwas kecamatan memiliki kedudukan strategis, karena merupakan amanah undang-undang, sehingga harus dilakukan dengan tegas dan netral, sejujur-jujurnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



"Kita harapkan dalam Pilkada tahun 2015, panawascam bisa bekerja dengan sungguh-sungguh, semangat dapat bekerja sama dan berkoordinasi dan terhindar dari sikap tidak jujur, tidak adil dan tidak melanggar Undang-Undang yang berlaku," ucapnya.(*)

Pewarta: Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015