Pemprov Jatim siapkan kerja sama dengan para pejuang veteran

id LVRI,Legiun Veteran Republik Indonesia,Kerja Sama Provinsi Jatim dengan LVRI,kerja sama veteran,Pemprov Jatim kerja sama veteran

Pemprov Jatim siapkan kerja sama dengan para pejuang veteran

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berbicara di hadapan para veteran pada peringatan Hari Veteran Nasional ke-70 di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (13/8/2019). (Vicki Febrianto)

Kita ingin, anak-anak muda mendapatkan pelatihan untuk pelatih (Training of Trainer/TOT) dari para veteran

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur tengah menyiapkan kerja sama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) untuk menyebarluaskan gagasan atau diseminasi terkait nilai-nilai kebangsaan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan  rencananya kerja sama tersebut akan ditandatangani pada 17 Agustus 2019. Nantinya, para veteran akan memberikan pembekalan dari para veteran yang tergabung dalam LVRI.

"Kita ingin, anak-anak muda mendapatkan pelatihan untuk pelatih (Training of Trainer/TOT) dari para veteran," kata Khofifah, usai menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional ke-70 di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa.

Khofifah menambahkan, dengan pembekalan yang diberikan oleh para veteran untuk anak-anak muda tersebut, akan dilanjutkan dengan penyebaran informasi kepada generasi muda lain di sekolah-sekolah.

Isu-isu yang akan menjadi ruang lingkup dalam penyebaran informasi dalam upaya untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda tersebut, lanjut Khofifah, meliputi nilai-nilai keindonesiaan, wawasan nusantara, empat pilar bangsa, dan lain-lain.

"Intinya, bahwa diseminasi itu terhadap NKRI, UUD 45, Kebhinekaan, dan lainnya. Itu harus tetap dilakukan," kata Khofifah.

Langkah kerja sama tersebut, dalam upaya  meningkatkan pemahaman anak-anak muda khususnya di Jawa Timur, bahwa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, membutuhkan perjuangan yang cukup besar.

Terlebih, lanjut Khofifaf, pada era digital seperti saat ini, memang akan ada banyak kemudahan untuk mendapatkan informasi terkait perjuangan para pejuang Indonesia. Namun, informasi tersebut hanya sebatas informasi, tanpa ada kedekatan antara anak-anak muda dengan para veteran.

"Ketika mereka bertemu langsung, mereka akan menghayati, bahwa bendera merah putih yang berkibar saat ini, bukan karena gratisan," tutup Khofifah.

Pewarta :
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar