Meriahnya HUT ke-101 Kota Mojokerto "Spirit of Majapahit"

id Pemkot Mojokerto,Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit,Hari Jadi ke-101 Kota Mojokerto

Meriahnya HUT ke-101 Kota Mojokerto

Iringan-iringan peserta Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit di Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (27/6/2019). Kirab yang menampilkan sejumlah budaya kesenian Jawa Timur dan mengangkat tema Spirit of Majapahit tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 101 Kota Mojokerto. (Antara Jatim/Zabur Karuru)

Kota Mojokerto (ANTARA) - Pemerintah Kota Mojokerto berupaya membangkitkan kejayaan Kerajaan Majapahit di abad ke-20 melalui kegiatan Kirab Budaya Banjaran Mojobangkit, Kamis, sekaligus untuk memperingati hari jadi kota ke-101.

"Sesuai dengan tema 'Spirit of Mojopahit', kami ingin membangkitkan kejayaan kerajaan Majapahit di abad ke-20 di Kota Mojokerto," kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari usai acara.

Kirab Budaya Bantaran Mojobangkit mengambil start dari Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto dan finis di Kantor Pemkot Mojokerto.

Barisan paling depan kirab dipimpin oleh "cucuk lampah" yang terdiri dari sebarisan Mbok Ireng yang bersenjatakan sodo (lidi) lanang tumbak sewu. Mereka bertugas membersihkan segala kejahatan (sukerti).

Wali kota berharap melalui acara-acara seperti ini generasi muda dan kaum milenial semakin mencintai budaya lokal dan tidak terpengaruhi budaya asing. Dengan demikian akan terbentuk budaya yang karakter.
 


Oleh Tim Antara Jatim
Pewarta :
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar