Tingginya Antusiasme Warga Jember Nobar Debat Perdana Capres-Cawapres

id debat capres,antusias warga jember,kpu jember,ppk jember,tingginya antusias,nonton bareng

Tingginya Antusiasme Warga Jember Nobar Debat Perdana Capres-Cawapres

Suasana nonton bareng debat capres-cawapres di Warung Ndalung Jember (istimewa)

Pantauan kami di beberapa lokasi nonton bareng yang digelar panitia pemilihan kecamatan (PPK) cukup banyak warga yang mengikuti siaran langsung debat perdana capres-cawapres Joko Widodo-Amin Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jember
Jember (Antaranews Jatim) - Antusias warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk menonton bareng siaran langsung debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden yang digelar di sejumlah titik cukup tinggi, terbukti banyaknya masyarakat yang hadir dalam kegiatan nonton bareng yang digelar penyelenggara pemilu dan berbagai elemen masyarakat di wilayah setempat.
   
 "Pantauan kami di beberapa lokasi nonton bareng yang digelar panitia pemilihan kecamatan (PPK) cukup banyak warga yang mengikuti siaran langsung debat perdana capres-cawapres Joko Widodo-Amin Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jember," kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi di Jember, Kamis malam.
   
 Ia mengatakan KPU Jember juga sudah memberikan arahan agar seluruh PPK di Jember menggelar nonton bareng debat capres dan cawapres yang disiarkan langsung oleh sejumlah televisi nasional, sehingga masyarakat bisa mengetahui visi dan misi yang disampaikan masing-masing pasangan calon.
     
"Masyarakat bisa melihat dan menilai bagaimana capres dan cawapres menyampaikan pendapatnya terkait sejumlah persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia melalui tayangan debat tersebut dan kegiatan itu juga menjadi kegiatan sosialisasi untuk Pemilu Presiden 2019," tuturnya.
     
Selain penyelenggara pemilu, masing-masing tim kampanye di daerah juga menggelar nonton bareng debat perdana capres-cawapres tersebut dengan menyebar undangan terbuka, bahkan sejumlah komunitas dan kafe di Jember juga menggelar nonton bareng yang dikemas secara menarik.
     
Owner Warung Ndalung Alifian Rizzalul Ahmad mengatakan pihaknya sengaja menggelar nonton bareng debat perdana capres-cawapres untuk memberikan pemahaman politik kepada generasi penerus bangsa yang kini cenderung apatis terhadap persoalan pemilu.
   
 "Nonton bareng tidak hanya soal olahraga saja, namun debat capres-cawapres juga menjadi sesuatu yang menarik untuk dikemas dalam kegiatan nonton bareng, sehingga kami menyediakan kopi gratis bagi masyarakat yang datang nonton bareng di Warung Ndalung Jember," katanya.
   
 Ia berharap generasi milenial mengetahui visi dan misi para kandidat pemimpin bangsa dan menjadi pemilih yang cerdas untuk menyalurkan hak suaranya pada pemungutan suara Pilpres 2019, sehingga kegiatan nonton bareng tersebut menjadi salah satu cara untuk mengajak kaum muda tidak golput dan menyalurkan hak pilihnya.
     
"Antuasias anak-anak muda cukup tinggi di Jember untuk melihat debat capres-cawapres di Warung Ndalung, sehingga kami berharap partisipasi pemilih pada Pilpres 2019 di Jember juga meningkat, terutama pada kalangan generasi muda dan pemilih pemula," ujarnya.
     
KPU RI menggelar debat perdana calon presiden dan wakil presiden yang diikuti pasangan nomor urut 1 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan tema debat hukum, hak asasi manusia, korupsi dan terorisme di Indonesia.(*)

 
Pewarta :
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar