Legislator Surabaya Apresiasi Rekrutmen Direksi PD Pasar Surya

id rekrutmen direksi PD Pasar,bawas PD pasar,pemkot surabaya,legislator,dprd surabaya,antaranews jatim,anugrah ariyadi

Legislator Surabaya Apresiasi Rekrutmen Direksi PD Pasar Surya

Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya Anugrah Ariyadi (Abdul Hakim)

Luar biasa semangatnya Bawas (Badan Penagwas) PDPS (Perusahaan Perusahaan Daerah Pasar Surya) yang sudah terbuka mengumumkan ke publik terkait nama-nama para kandidat direksi PDPS
Surabaya (Antaranews Jatim) - Legislator memberikan apresiasi terhadap rekrutmen direksi Perusahaan Daerah Pasar Surya Kota Surabaya, Jawa Timur yang dinilai sudah berjalan cukup baik dan terbuka.  
     
"Luar biasa semangatnya Bawas (Badan Penagwas) PDPS (Perusahaan Perusahaan Daerah Pasar Surya) yang sudah terbuka mengumumkan ke publik terkait nama-nama para kandidat direksi PDPS," kata Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya Anugrah Ariyadi kepada Antara di Surabaya, Jumat.
     
Anugrah memandang bahwa pengumuman ke publik ini bisa menjadi bukti jika Bawas PD Pasar telah membawa semangat keterbukaan. "Semoga hal ini diikuti oleh bawas di BUMD milik Pemkot Surabaya lainnya," ujarnya.     
     
Selain itu, lanjut dia, Bawas PD Pasar sebaiknya juga bisa menerima masukan dari masyarakat Surabaya terkait latar belakang masing masing calon direktur yang telah dinyatakan lolos evaluasi (penyusunan data dan evaluasi dokumen).
     
"Sebelum masuk ke tes tahapan berikutnya, publik boleh memberikan masukan kepada bawas terkait track record-nya seperti yang dilakukan KPU terhadap para bakal caleg sebelum ditetapkan sebagai calon tetap (DCT),"  kata alumnus Fakultas Hukum Unair ini.
     
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini juga memandang bahwa masukan dari masyarakat sangat diperlukan agar Bawas bisa mendapatkan orang-orang yang tepat memimpin PD Pasar. 
     
Meskipun, lanjut dia, muara akhirnya berada di keputusan Wali Kota Surabaya Tri Rismaahrini, namun sudah menjadi kewajiban Bawas dan panitia seleksi (pansel) untuk terus mempubliksikan semua hasil tahapan seleksi.
     
"Diumumkannya para kandidat dari hasil tahapan seleksi, maka masyarakat luas akan bisa mengetahui secara jelas. Apalagi biaya rekrutmen itu berasal dari APBD, yang notabene adalah uang rakyat, maka wajib hukumnya," ujarnya.
     
Untuk dikatehaui, hasil rapat tim panitia rekrutmen direksi PD Pasar Surya, tentang evaluasi (penyusunan data dan evaluasi dokumen) calon direktur, telah memutuskan nama-nama yang dinyatakan lolos seleksi.
     
Untuk posisi direktur utama sebanyak 11 nama, untuk posisi direktur administrasi keuangan sebanyak juga 11 nama, untuk posisi direktur pembinaan pedagang sebanyak delapan nama dan untuk posisi direktur teknik dan usaha sebanyak tujuh nama.
     
Nama-nama calon direksi PD Pasar tersebut bisa diakses di website resmi PD Pasar Surya yakni www.pdpspasarsurya.com di rubrik pengumuman.
     
Ketua Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya Rusli Yusuf mengatakan para pelamar masih akan mengikuti tahapan berikutnya yakni assesment test, uji kompetensi dan psiko test.
     
"Assesment itu penelusuran kompetensi berdasarkan bukti-bukti, sedangkan uji kompetensi adalah kemampuan/kecakapan seseorang dalam menjalankan tugasnya, sementara untuk psiko test itu uji kondisi psikologi seseorang dalam menjalankan tugasnya," katanya. (*)

 
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar