UMM segera Berubah jadi Kampus Wisata

id umm, jadi kampus wisata, taman rekreasi sengkaling

Malang (Antara Jatim) - Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini segera berubah menjadi kampus wisata yang ditandai dengan pengambilalihan Taman Rekreasi Sengkaling yang berlokasi tidak jauh dari kampus tersebut.

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Muhajjir Effendi di Malang, Senin, mengakui jika Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) yang sebelumnya dikelola oleh PT Bentoel itu sudah diambilalih (take over) oleh UMM.

"Desain jangka panjang kita memang ingin mewujudkan UMM menjadi kampus wisata. Pengambilalihan TRS ini juga kami jadikan sebagai modal dasar untuk menjadi kampus wisata yang tetap berbasis pada pendidikan," tegas Muhajjir.

Menurut dia, untuk saat ini manajemen masih ditangani sepenuhnya oleh manajemen TRS yang lama, namun secara perlahan dan bertahap juga akan dikelola secara mandiri tanpa mengabaikan manajemen lama.

Ke depan, lanjutnya, TRS tersebut juga akan menjadi salah satu penopang keuangan (pendapatan) bagi UMM, disamping University Inn UMM, Book Store, UMM Dome, bengkel Yamaha, UMM Press, Poliklinik serta SPBU yang berlokasi di depan kampus III.

Selain TRS yang akan menjadi unit usaha baru bagi UMM, lanjutnya, Rumah Sakit (RS) UMM yang berlokasi di Jalan Raya Tlogomas juga segera dioperasionalkan. Saat ini tinggal menunggu izin operasi saja, karena seluruh bangunan fisik, tenaga medis dan paramedis serta peralatan medisnya sudah siap.

"Dalam waktu dekat ini UMM juga akan membangun mall dengan tujuan selain untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat di sekitar kampus, juga sebagai tempat praktik bagi mahasiswa dalam menumbuhkan jiwa intrepreneurship," ujarnya, menambahkan.

Sebagai kampus wisata, kata Muhajjir, tentu desain kampus juga akan diseleraskan, sehingga UMM nantinya benar-benar memberikan kenyamanan bagi mahasiswa maupun seluruh civitas akademika.

Namun demikian, tegasnya, sebagai kampus unggulan yang telah beberapa kali menyabet gelar Anugerah Kampus Unggul (AKU), tentu akan bekerja lebih keras untuk meraih kualitas yang lebih bagus lagi, baik akademis maupun nonakademis.

"Dengan berbagai jenis usaha yang menopang keuangan, kami akan terus meningkatkan kualitas dan secara perlahan juga akan mewujudkan UMM sebagai universitas kelas dunia," ujarnya, menandaskan.(*) "
Pewarta :
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar