PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur menerapkan potongan harga sebesar 10 persen bagi kategori rombongan penumpang non kereta api luar biasa (KLB) dengan jadwal dan pemberangkatan yang sama.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Kota Malang, Sabtu, mengatakan jumlah minimal angkutan rombongan adalah 20 dua puluh orang untuk kelas eksekutif, kelas bisnis, dan ekonomi komersial atau non subsidi.

"Para pelanggan yang melakukan pemesanan tiket rombongan juga berkesempatan mendapatkan diskon khusus sampai dengan sepuluh persen sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Luqman.

Penumpang juga bisa memilih tempat duduk berdekatan sesuai dengan keinginan masing-masing, asalkan kuota di dalam satu gerbong masih tersedia.

Luqman merinci ada beberapa syarat bagi para rombongan agar bisa menikmati penawaran potong harga yang disediakan, yakni menghubungi narahubung atau bertanya kepada petugas loket stasiun, kereta api subsidi diperuntukkan bagi rombongan siswa setingkat SMA atau di bawahnya dengan mengajukan permohonan bertandatangan pihak sekolah, pemesanan bisa dilakukan H-45 sebelum jadwal keberangkatan.

"Tarif yang berlaku mengacu pada tarif umum, berita acara angkutan rombongan dibuat atas kesepakatan bersama, pemohon wajib membayar uang muka minimal 25 persen dari total biaya angkutan rombongan," lanjutnya.

Kemudian, block seat dapat dilakukan setelah pembayaran uang muka dan pembayaran sisa biaya angkutan rombongan serta penyerahan daftar rombongan dilakukan paling lambat 14 sebelum keberangkatan.

"Pencetakan tiket paling lambat tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan dan pelayanan angkutan rombongan hanya pada hari Senin sampai Jumat, pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, kondisional," tuturnya.

Pihaknya menyediakan nomor bantuan informasi di 0811-202-10008 atau melalui email di rombongan.daop8@kai.id.

Selain itu, juga ada nomor alternatif yang disediakan dan bisa dihubungi calon penumpang, yakni melalui 121 dan WhatsApp resmi KAI121 di nomor 0811-1211-1121.

"Stasiun yang melayani pemesanan angkutan rombongan di wilayah Daop 8 diantaranya Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Kota, Wonokromo, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Lamongan, Babat, dan Bojonegoro," ucap dia.

Dia berharap layanan ini meningkatkan animo masyarakat menjadikan kereta api sebagai angkutan bepergian ke luar kota.

"Kami ingin mempermudah masyarakat dalam menikmati perjalanan kereta api yang lebih berkesan bersama keluarga, teman, maupun kolega," katanya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024