PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menyatakan ada tujuh kereta api jarak jauh dan lokal berhenti di Stasiun Kota Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mendukung transportasi masyarakat yang akan menyaksikan pagelaran Gandrung Sewu pada 26 Oktober 2024.

Tujuh kereta api jarak jauh maupun kereta api lokal yang berhenti di Stasiun Banyuwangi Kota, yakni KA Mutiara Timur, KA Blambangan Ekspres, KA Tawangalun, KA Wijayakusuma, KA Sritanjung, KA Probowangi dan KA Pandanwangi.

"Bagi masyarakat yang akan menyaksikan pagelaran Gandrung Sewu yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dapat menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Banyuwangi Kota," kata Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro dalam keterangannya di Banyuwangi, Kamis.

Menurut dia, Stasiun Banyuwangi Kota berjarak kurang lebih 7 kilometer ke Pantai Marina Boom, lokasi kegiatan Gandrung Sewu.

"Masyarakat yang akan menyaksikan agenda tahunan Gandrung Sewu bisa turun di stasiun tersebut dan melanjutkan ke lokasi dengan transportasi umum ataupun transportasi daring lainnya," kata Cahyo Widiantoro.

Untuk cek jadwal dan harga tiket kereta api dari dan menuju Stasiun Banyuwangi Kota, kata dia, bisa diakses melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id atau melalui channel pemesanan tiket yang telah bekerja sama dengan KAI.

"KAI Daop 9 Jember mengajak masyarakat yang akan menyaksikan agenda tahunan di Banyuwangi ini untuk menggunakan transportasi umum, selain mengurangi terjadinya kemacetan, juga dapat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor," kata Cahyo.

Pada tahun 2024 ini, Pemkab Banyuwangi menggelar tari kolosal Gandrung Sewu yang menyuguhkan atraksi seni oleh seribu lebih penari gandrung.

Adapun rangkaian kegiatan Gandrung Sewu pada 2024 ini mengambil tema "Payung Agung", dan diawali dengan kegiatan Padang Ulanan (Apresiasi Tari dan Musik Tradisi) pada hari ini.

Kemudian, pada tanggal 25 Oktober 2024 ada Prosesi Meras Gandrung dan pergelaran Wayang Gagrak Banyuwangi, dan puncaknya dilaksanakan pada 26 Oktober 2024.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024