A’wan Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut peringatan Hari Santri sebagai momen spesial yang penting bagi sejarah bangsa Indonesia. 

Emil dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa malam, mengatakan Resolusi Jihad merupakan bukti nyata peran besar santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Alhamdulillah, ini hari yang spesial memang, sejak 2015 kita mulai memperingati Hari Santri,” kata Emil ikut serta dalam Upacara Peringatan Hari Santri yang digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim di Halaman Rektorat Kampus Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, Selasa.

Emil menegaskan bahwa peringatan Hari Santri tidak hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga mengandung nilai spiritual yang mendalam untuk mengingat perjuangan dan keteladanan para ulama terdahulu.

"Bahwa perjuangan dan jasa para ulama ini harus senantiasa diingat dan dilestarikan oleh seluruh generasi penerus, khususnya para santri," kata dia.

Tidak hanya menghadiri upacara, Emil juga turut serta dalam kegiatan ziarah muassis NU yang menjadi agenda penting PWNU Jatim.

Ziarah ini dilakukan bersama Ketua PWNU Jatim, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, beserta seluruh jajaran pengurus, dengan tujuan mengunjungi makam-makam ulama besar yang berpengaruh di Jawa Timur. 

Emil dan Gus Kikin terlihat dalam satu mobil yang sama saat menuju Tebuireng, menandakan kekompakan dan keharmonisan hubungan di antara pimpinan PWNU Jatim. 

Rangkaian ziarah dimulai dengan ziarah ke makam-makam ulama yang telah berjasa dalam perjuangan kemerdekaan. Ziarah tersebut dimulai dari makam Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari dan para putranya di Tebuireng.

Lalu dilanjutkan ke makam Kyai Romli di Darul Ulum Rejoso, Kyai Bisri Syamsuri di Ponpes Denanyar, serta Kyai Wahab Hasbullah di Tambakberas.

“Ziarah ini merupakan wujud penghormatan kepada para ulama yang telah berjasa besar dalam dakwah dan pendidikan Islam,” ujar Emil.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024