Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Jawa Timur nomor urut 2 Firhando Gumelar-Rudi atau GURU mempersiapkan program waste to energy atau mengubah sampah menjadi energi yang disenergikan dengan pemberdayaan masyarakat.

Calon Wali Kota Batu Firhando Gumelar dalam paparannya saat sesi debat publik Pilkada 2024, Senin, mengatakan setiap sampah diolah dengan terstruktur dan sistematis.

"Kami sudah memahami permasalahan ini, setiap sampah yang dilepas di tempat pembuangan akhir diubah sebagai energi listrik dan waste energy akan dijalankan," kata Mas Gum, sapaan akrabnya.

Dia menyatakan penerapan program tersebut juga dilakukan dengan menerapkan manajemen pengolahan sampah yang diawali dari tingkat RT/RW hingga ibu-ibu PKK.

"Jika kami terpilih, waste to energy akan menjadi pertama yang dilakukan untuk Kota Batu dan di Jawa Timur," ujarnya.

Sampah-sampah yang ada, lanjutnya tidak hanya dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA) tetapi juga diolah oleh masyarakat untuk menjadi barang bernilai ekonomi.

Sehingga dengan begitu, waste to energy mampu memberikan dampak pada kesejahteraan bagi masyarakat di Kota Batu. 

"Sampah kami kelola dengan menurunkan kadar air sehingga bisa membuat sampah menjadi barang yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku industri dalam dan luar negeri," ucapnya.

Sementara itu, calon Wakil Wali Kota Batu nomor urut 2 Rudi mengatakan siap merealisasikan program tersebut tak sampai kurun waktu satu tahun.

"Permasalahan sampah terjadi di kota-kota besar dan kami minta waktu 10 bulan menyelesaikan permasalahan ini," kata dia.

Debat Pilkada Kota Batu 2024 pertama yang diselenggarakan oleh komisi pemilihan umum (KPU) setempat membawakan tema lingkungan, agraria, dan pariwisata.

Pilkada Kota Batu 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Nurochman-Heli Suyanto nomor urut 1, Firhando Gumelar-Rudi nomor urut 2, dan Kris Dayanti-Kresna Dewanata Phrosakh nomor urut 3.

Masa kampanye pilkada berjalan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024