Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melakukan perekaman KTP elektronik secara keliling ke desa-desa guna mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di wilayah itu.

"Selain untuk mendukung suksesnya Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 nanti, perekaman KTP elektronik secara keliling ini juga sebagai bentuk program peningkatan layanan kepada masyarakat," kata Kepala Dispendukcapil Pemkab Sumenep Achmad Syahwan Effendy di Sumenep, Senin.

Ia menjelaskan, perekaman KTP elektronik keliling itu dengan cara datang ke rumah-rumah warga secara langsung bersama aparat desa setempat.

Prioritas perekaman KTP elektronik tersebut pada warga yang akan menjadi calon pemilih Pilkada 2024.

"Ada dua jenis kendaraan yang kami gunakan dalam perekaman KTP elektronik keliling tersebut, yakni roda empat dan roda dua," katanya.

Khusus kendaraan roda empat, perekaman dilakukan di satu tempat, seperti di balai desa, dan warga desa yang dalam ke lokasi tersebut.

"Kalau kendaraan roda dua, dilakukan dari rumah ke rumah," katanya.

Syahwan menuturkan, berkat upaya tersebut, kini capaian perekaman KTP elektronik bagi calon pemilih yang belum memiliki KTP sudah mencapai 96,88 persen.

"Target kami, H-3 pemungutan suara pilkada, semua warga yang belum memiliki KTP elektronik sudah punya KTP semua," katanya.

Selain melakukan perekaman KTP elektronik ke desa-desa dan dari rumah ke rumah warga, Dispendukcapil Pemkab Sumenep juga melakukan perekaman KTP ke berbagai pondok pesantren dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sumenep.

"Untuk masyarakat kepulauan, kami instruksikan camat untuk turun langsung ke lapangan," katanya.

Sementara itu, di Kabupaten Sumenep, pilkada akan digelar di 1.967 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 27 kecamatan daratan dan kepulauan.

Sebanyak dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep.

Masing-masing pasangan Achmad Fauzi Wongsojudo-KH. Imam Hasyim, dengan sebutan (Faham) dan pasangan Kiai Ali Fikri-KH. Unais Ali Hisyam (Final).

Pasangan Fauzi-Imam Hasyim (Faham) diusung PDIP, PKB, PAN, Demokrat, Nasdem, PKS, Gerindra, Hanura, PBB dan Golkar, sedangkan pasangan Fikri-Unais (Final) diusung oleh gabungan parpol, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan sejumlah parpol non-parlemen.

Jumlah pemilih untuk pelaksanaan pilkada yang akan digelar 27 November 2024 di kabupaten paling timur di Pulau Madura ini sebanyak 859.185 orang, dengan perincian, 405.585 orang pemilih laki-laki, dan sebanyak 453.600 sisinya merupakan pemilih perempuan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024