Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Madiun melalui Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) Kecamatan masing-masing mengumumkan nama-nama calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dinyatakan lolos seleksi administrasi untuk bertugas pada Pilkada 2024.

"Pengumuman nama-nama calon Pengawas TPS yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dilakukan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan, yakni Panwaslu Kecamatan Kartoharjo, Manguharjo, dan Taman pada 11 Oktober," ujar Ketua Bawaslu Kota Madiun Wahyu Sesar Tri Sulistyo Nugroho dalam keterangannya di Madiun, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, nama-nama yang telah dinyatakan lolos administrasi tersebut telah melalui pemeriksaan kelengkapan, keabsahan, dan legalitas berkas persyaratan calon Pengawas TPS yang dilakukan oleh jajaran Panwaslu Kecamatan se-Kota Madiun.

Ia mengatakan pembentukan pengawas TPS tersebut, mengacu pada Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor: 301/HK.01.01/K1/09/2024 tentang petunjuk teknis pembentukan dan pergantian antar-waktu pengawas tempat pemungutan suara dalam pemilihan 2024.

Nantinya, untuk Kota Madiun membutuhkan 275 orang pengawas TPS, yakni masing-masing satu orang untuk 271 TPS reguler dan empat TPS lokasi khusus.

Adapun, keberadaan pengawas TPS memegang peran krusial dalam memastikan setiap suara masyarakat dihitung dengan benar dan adil.

Oleh karena itu, dia berharap rekrutmen pengawas TPS kali ini dapat menjaring individu-individu yang kompeten, integritas, transparan, dan adil untuk mengawal Pilkada 2024.

Wahyu menambahkan nama-nama yang telah dinyatakan lolos administrasi, selanjutnya akan menjalani tes wawancara pada tanggal 14-18 Oktober 2024. Kemudian, pengumuman dan penetapan calon terpilih dilakukan berdasarkan tes wawancara pada 23-25 Oktober 2024.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024