Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Jawa Timur menerima sebanyak 5.376 bilik suara untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Saat ini logistik yang telah kami terima kami tempatkan di gudang penyimpanan logistik dan mulai dilakukan sortir," kata Ketua KPU Sampang Aliyanto di Sampang, Jawa Timur, Selasa.

Ia menjelaskan, ke 5.376 bilik suara itu, akan digunakan di 1.334 tempat pemungutan suara (tps) yang tersebar di 180 desa/kelurahan di 14 kecamatan se-Kabupaten Sampang.

Masing-masing tps sebanyak empat bilik suara, sedangkan sisanya sebagai cadangan apabila ada bilik suara yang tidak bisa digunakan.

Menurut Aliyanto, selain bilik, jenis logistik lain yang juga diterima KPU Sampang adalah kotak suara, kabel ties dan segel.

"Jumlahnya sebanyak 2.726 buah untuk kotak suara, kabel ties sebanyak 16.128 buah , dan segel sebanyak 2.688 buah," katanya, menjelaskan.

Baca juga: Pemprov Jatim cegah banjir di Sampang lewat penanganan Sungai Kemuning

"Saat ini semua jenis logistik yang telah kami terima kami simpan di gudang logistik KPU di Gedung Gor Indoor di Jalan Wahid Hasyim Sampang dengan pengawasan ketat petugas kepolisian dan staf KPU Sampang," katanya, menambahkan.

Sementara itu, KPU Sampang telah mengumumkan daftar pemilih tetap (dpt) sebanyak 737.832 pemilih, tersebar di 1.334 tempat pemungutan suara (tps) se- Kabupaten Sampang. Perinciannya, sebanyak 369.301 orang pemilih laki-laki dan sebanyak 378.248 orang sisanya merupakan pemilih perempuan.

Pilkada serentak 2024 di kabupaten ini diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan KH Muhammad Bin Muafi Zaini--Abdullah Hidayat (Mandat) dengan nomor urut 1, dan pasangan Slamet Junaidi--Ahmad Mahfud (Jimad Sakteh) dengan nomor urut 2.

Pasangan Mandat diusung delapan partai politik. Masing-masing Partai Golkar, PPP, PAN, PDIP, Demokrat, PBB, PSI dan Partai Hanura, sedangkan 'Jimad Sakteh' diusung oleh enam partai politik, yakni Partai Nasdem, Gerindra, PKB, Gelora, PKS dan Partai Garuda.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024