Sebanyak 33.632 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Kediri, Jawa Timur mendapatkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah mengemukakan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah itu adalah tahap 3 dengan alokasi Oktober 2024.

"Mulai hari ini dilaksanakan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap 3 alokasi bulan Oktober 2024. Setiap KPM menerima beras 10 kilogram," katanya di Kediri, Selasa.

Zanariah juga meninjau secara langsung proses penyaluran bantuan pangan itu. Penyaluran dilakukan secara bertahap.

Untuk saat ini ia meninjau di Kelurahan Pojok dan Kelurahan Ngampel. Penerima di Kelurahan Pojok sejumlah 1.371 keluarga penerima manfaat (KPM) dan Kelurahan Ngampel 600 KPM.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Badan Pangan Nasional dan Kantor Pos atas kolaborasi yang terjalin," ujarnya.

Zanariah menambahkan bantuan ini upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, serta mengendalikan gejolak harga pangan.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan ini dapat membantu masyarakat. Bantuan beras yang diberikan dapat mencukupi kebutuhan pangan mereka.

"Semoga ini bermanfaat meringankan beban masyarakat. Pesannya beras ini dimanfaatkan dengan baik. Jangan dijual," ungkapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri Moh.Ridwan menambahkan di Kota Kediri ada 33.632 KPM. Untuk penyaluran dilakukan secara bertahap di setiap kelurahan.

Ia menambahkan bantuan ini diharapkan memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang masih berada di garis kemiskinan. Masyarakat menerima bantuan dalam satu tahun penuh. Namun, mekanisme penyaluran yang berbeda.

"Semester sebelumnya diterimakan setiap bulan. Lalu, semester ini diterimakan lagi bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2024," kata dia.

Salah seorang penerima bantuan Ningtyas dari Kelurahan Pojok bersyukur dengan yang diterima ini.

"Alhamdulillah, bisa menerima bantuan. Tentu ini sangat bermanfaat bagi kami. Meringankan beban kami," kata Ningtyas.

Turut mendampingi Pj Wali Kota Kediri, di antaranya Executive Manajer Kantor Pos Cabang Kediri Trian Nugroho, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Luhur, Kepala Bakesbangpol Kota Kediri Indun Munawaroh, Kepala Bagian Perekonomian Kota Kediri Tetuko Erwin, Camat Mojoroto Bambang Tri, Lurah Pojok Wahyu Artisah, Lurah Ngambel Subagyo, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024