Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menerima sebanyak 2.566 kotak suara untuk pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Saat ini semua kota suara sudah tersimpan di gudang logistik KPU Pamekasan dan telah dilakukan penyortiran oleh staf," kata Ketua KPU Pamekasan Mahdi di Pamekasan, Senin.

Ia menjelaskan, ke 2.566 kotak suara itu, untuk 1.270 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan se-Kabupaten Pamekasan. Masing-masing sebanyak 2 kotak.

Masing-masing TPS membutuhkan sebanyak 2 kotak suara, yakni untuk pilkada kabupaten satu kotak, dan satu kotak lagi untuk pilkada provinsi. Sisanya, sebagai cadangan.

Mahdi menuturkan, setelah dilakukan penyortiran dengan melibatkan 5 orang pekerja, ditemukan sebanyak 19 kotak suara rusak dari total 2.566 kotak suara yang diterima KPU Pamekasan itu.

"Dengan demikian, dari total 2.566 kota suara yang kami terima, yang utuh atau tidak mengalami kerusakan sebanyak 2.547 kotak suara," tuturnya.

Mahdi menjelaskan, pihaknya telah melaporkan jumlah kotak suara rusak itu ke KPU Jatim dan pihak rekanan melalui sistem informasi logistik (Silog).

Aplikasi ini tersambung antara KPU Pamekasan dengan KPU Jatim, serta pihak rekanan penyedia logistik Pilkada serentak 2024 tersebut.

Ia memperkirakan dalam minggu ini kotak suara pengganti yang rusak akan dikirim oleh pihak penyedia ke gudang logistik KPU Pamekasan di Jalan Bonorogo, Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu.

Selain kotak suara, KPU Pamekasan juga sudah menerima logistik lainnya untuk Pilkada tahun ini, yaitu bilik suara, tinta, kabel ties dan segel.

Pilkada 2024 di Kabupaten Pamekasan diikuti tiga pasangan calon, yakni Fattah Jasin-Mujahid Ansori (Tauhid) nomor urut 1, K,H. Kholilurrahman-Sukriyanto (Kharisma) nomor urut 2, dan Mohammad Baqir Aminatullah-Taufadi (Berbakti) nomor urut 3.

Pasangan Tauhid diusung koalisi Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Golkar, PSI, Garuda, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian pasangan Kharisma diusung Partai Demokrat, Gelora, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai NasDem.

Sedangkan pasangan Berbakti diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Perindo.

KPU Kabupaten Pamekasan telah menetapkan 1.270 TPS pada Pilkada 2024, yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan dengan jumlah pemilih sebanyak 666.048 orang (321.417 orang laki-laki dan 344.631 orang perempuan).

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024