Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, merekrut sebanyak 8.890 orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024.

"Jumlah petugas sebanyak 8.890 orang ini untuk 1.270 TPS (tempat pemungutan suara)," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Pamekasan Moh Amiruddin di Pamekasan, Selasa.

Sesuai ketentuan, kebutuhan petugas penyelenggara pemilu di tingkat TPS sebanyak tujuh orang, sedangkan jumlah TPS di Pamekasan secara keseluruhan sebanyak 1.270 TPS.

"Oleh karena itu, total jumlah petugas yang kami butuhkan adalah 8.890 orang atau sebanyak tujuh orang untuk masing-masing TPS," katanya.

Amir menuturkan rekrutmen petugas KPPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Pamekasan dibuka sejak 28 September 2024. Penelitian berkas administrasi pendaftaran telah dilakukan mulai 30 September dan akan berlangsung hingga 2 Oktober 2024.

"Pengumuman hasil berkas penelitian akan dilakukan pada 2 Oktober 2024. Sedangkan tanggapan dan masukan masyarakat atas hasil penelitian berkas calon petugas KPPS ini pada 30 September hingga 5 Oktober 2024," kata Amir.

Selanjutnya, penetapan dan pelantikan petugas KPPS terpilih dijadwalkan pada 7 November 2024.

Menurut Amir, jumlah pendaftar calon petugas KPPS untuk Pilkada 2024 sebanyak 9.179 orang. "Data ini berdasarkan laporan yang disampaikan staf KPU Pamekasan tadi," katanya.

Dengan demikian, sambung Amir, dari total jumlah pendaftar tersebut, KPU terpaksa melakukan seleksi lanjutan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Ada sebanyak 289 orang pendaftar yang terpaksa tidak bisa tercakup dan saat ini masih dilakukan seleksi lagi sebelum nantinya ditetapkan sebagai petugas penyelenggara di TPS dan diumumkan oleh KPU Pamekasan," katanya.

Pilkada 2024 di Kabupaten Pamekasan diikuti tiga pasangan calon, yakni Fattah Jasin-Mujahid Ansori (Tauhid) nomor urut 1, K,H. Kholilurrahman-Sukriyanto (Kharisma) nomor urut 2, dan Mohammad Baqir Aminatullah-Taufadi (Berbakti) nomor urut 3.

Pasangan Tauhid diusung koalisi Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Gerindra, Golkar, PSI, Garuda, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian pasangan Kharisma diusung Partai Demokrat, Gelora, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai NasDem.

Sedangkan pasangan Berbakti diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, dan Perindo.

KPU Kabupaten Pamekasan telah menetapkan 1.270 TPS pada Pilkada 2024, yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan dengan jumlah pemilih sebanyak 666.048 orang (321.417 orang laki-laki dan 344.631 orang perempuan).

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024