Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Arm Indra Andriansyah menyampaikan bahwa netralitas TNI merupakan harga mati menjelang pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Dalam pilkada tentunya kami berkomitmen bahwa netralitas TNI harga mati, sehingga dalam waktu dekat kami akan berkeliling untuk memastikan itu," katanya di Jember, Senin.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan berkeliling ke wilayah dalam waktu dekat untuk memastikan bahwa perintah pimpinan terkait netralitas TNI saat pilkada sudah dijalankan di Kabupaten Jember.

"Kami turun ke lapangan sebagai bukti bahwa tidak hanya memberikan instruksi saja, namun pengecekan di lapangan memang harus dilakukan dan saya baru saja menjabat, sehingga perlu berkeliling," tuturnya.

Ia menjelaskan upaya untuk terus berkeliling ke sejumlah wilayah di Jember memastikan bahwa perintah pimpinan sudah jelas terkait dengan netralitas, dalam mengamankan pilkada serentak dapat dijalankan dengan tertib, aman dan lancar.

"Kalau nanti ditemukan ada anggota TNI yang tidak netral, maka akan ada sanksi dan para prajurit akan siap menerima sanksi sesuai dengan aturan," ujarnya.

Menurutnya prajurit TNI koridornya sudah jelas bahwa netralitas TNI harga mati, sebagaimana yang disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada berbagai kesempatan, bahkan TNI mengharapkan Pemilu 2024 dilaksanakan secara aman dan damai.

Terkait dengan pengamanan Pilkada Jember, Letkol Arm Indra Andriansyah mengatakan bahwa TNI berkolaborasi dengan Polri untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif.

"Kami imbau masyarakat juga menjaga suasana pilkada agar tetap kondusif, aman dan lancar," ucap mantan Danyon Armed 8 /105 Tarik Jember.

Dandim 0824 Jember juga menghimbau agar pelaksanaan pilkada nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar, kemudian TNI siap bersama-sama dengan Polri serta seluruh masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut.

Letkol Arm Indra Ardriansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon Armed 8/105 Tarik Jember menggantikan Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso yang menjabat sebagai Dandim 0824/Jember dengan acara serah terima jabatan di aula Makorem 083/Bdj Malang pada Jumat (27/9).

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024