Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi dilanda hujan berintensitas ringan pada Sabtu.
 
Prakirawan BMKG Maria Klaudiana dalam video Prakiraan Cuaca BMKG, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube BMKG di Jakarta, Sabtu pagi, menyampaikan terdapat 21 daerah yang berpotensi dilanda hujan ringan, yakni Jambi; Palembang, Sumatera Selatan; Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung; Serang, Banten; Jakarta; Bandung, Jawa Barat; dan Semarang, Jawa Tengah.
 
"Hujan ringan juga berpotensi melanda DI Yogyakarta; Surabaya, Jawa Timur; Denpasar, Bali; Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB); Pontianak, Kalimantan Barat; Palangkaraya, Kalimantan Tengah; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Gorontalo," kata dia.
 
Berikutnya, ujar Maria melanjutkan, Manado, Sulawesi Utara; Makassar, Sulawesi Selatan; Ternate, Maluku Utara; Ambon, Maluku; Kota Jayawijaya, Papua Pegunungan; dan Nabire, Papua juga berpotensi dilanda hujan berintensitas ringan.
 
Selain hujan ringan, Maria menyampaikan pula bahwa sejumlah wilayah berpotensi dilanda hujan disertai kilat dan petir, yakni Medan, Sumatera Utara; Padang, Sumatera Barat; dan Pekanbaru, Riau.
 
"Berikutnya, hujan dengan intensitas sedang berpotensi melanda Lampung; Bengkulu; Palu, Sulawesi Tengah; Kendari, Sulawesi Tenggara; dan Sorong, Papua Barat," ucap dia.
 
Sementara itu di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan Manokwari, Papua Barat, BMKG memprakirakan kondisi cuaca kedua daerah itu akan cerah berawan.
 
"Lalu, Samarinda, Kalimantan Timur diprakirakan berawan tebal, sedangkan Tanjung Selor, Kalimantan Utara dan Jayapura, Papua berkabut," ujarnya.
 
Menurut dia, informasi cuaca tersebut merupakan gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah di Indonesia. Maria mengatakan masyarakat dapat mengetahui informasi terkini yang telah diperbaharui setiap tiga jam sekali di aplikasi Info BMKG.
 
"Bagi sobat BMKG yang ingin mengetahui informasi cuaca secara khusus, yang diperbaharui setiap tiga jam di wilayah masing-masing, sobat dapat memantau aplikasi Info BMKG yang dapat sobat unduh melalui App Store maupun Play Store," ucap dia.(*)
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024