Calon bupati petahana Hendy Siswanto mengawali kegiatan kampanyenya pada hari kedua masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat, dengan blusukan ke Pasar Rambipujj.

"Alhamdulillah hari ini saya mulai berkampanye, namun ini bukan kampanye karena saya hanya sosialisasi, jalan-jalan menyapa warga, mengingatkan warga dan mohon doa restu," kata Hendy.

Hendy mengawali kegiatannya dengan blusukan ke Pasar Rambipuji sambil menyapa para pedagang dan masyarakat yang sedang berbelanja di pasar tersebut, kemudian menyampaikan bahwa dirinya maju lagi pada Pilkada Jember.

"Mereka sangat antusias dan berharap saya kembali menjadi Bupati Jember. Saya berbincang dengan para pedagang terkait dengan beberapa harga komoditas pangan yang naik dan turun," tuturnya.

Ia mengatakan harga tomat dan cabai di pasaran sudah turun karena stoknya melimpah saat musim kemarau, namun harga kedua komoditas tersebut perlahan-lahan sudah mulai naik.

"Kami menerima keluhan terkait langkanya elpiji 3 kilogram, padahal Pemkab Jember sudah meminta tambahan elpiji subsidi tersebut dan dikirim cukup banyak. Saya heran dan akan kami cek nanti," katanya.

Hendy juga menerima banyak informasi di lapangan terkait daya beli dan inflasi, serta menyampaikan capaian yang sudah dilakukan bersama M. Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) selama 3,5 tahun memimpin Jember.

Sementara itu, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Andi Wasis mengatakan KPU membagi jadwal kampanye dengan zonasi, yakni zona A yang meliputi 15 kecamatan dan zona B sebanyak 16 kecamatan.

Kampanye di zona A meliputi Kecamatan Ledokombo, Rambipuji, Umbulsari, Jombang, Ajung, Mayang, Pakusari, Panti, Sukorambi, Semboro, Sumberjambe, Sukowono, Jelbuk, Mumbulsari, dan Arjasa.

Sedangkan zona B ada di Kecamatan Puger, Bangsalsari, Silo, Ambulu, Gumukmas, Jenggawah, Sumberbaru, Sumbersari, Wuluhan, Kalisat, Kaliwates, Tanggul, Tempurejo, Kencong, Patrang, dan Balung.

"Pembagian zonasi jadwal kampanye itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bentrokan antara pendukung pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 2 di lokasi kampanye, sehingga keduanya bisa bergantian di masing-masing kecamatan," katanya.

Pilkada Jember diikuti dua pasangan calon, yakni petahana Hendy Siswanto-M. Balya Firjaun Barlaman (nomor urut 1) yang diusung PDI Perjuangan, dan pasangan M. Fawait-Djoko Susanto (nomor urut 2) yang diusung koalisi 14 partai politik.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember sebanyak 1.955.219 orang, dengan rincian pemilih laki-lak 965.055 orang dan pemilih perempuan sebanyak 990.164 orang.

KPU Jember juga menetapkan 4.046 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 248 desa/kelurahan di 31 kecamatan.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024