Calon Wali Kota Batu Firhando Gumelar atau yang biasa disapa Mas Gum menyatakan sudah menyiapkan optimalisasi program daur ulang sampah agar menjadikan wilayah tersebut sebagai kota zero waste atau bebas sampah.

"Saya komitmen bisa membuktikan langsung ide untuk Kota Batu bisa menjadi kota zero waste," kata Mas Gum di Kota Batu, Jumat.

Konsep bebas sampah disebutnya cocok diterapkan di Kota Batu, lantaran menjadi salah satu daerah yang menjadi jujukan wisatawan. Sehingga sisi kebersihan kota perlu diperhatikan secara maksimal.

Kemudian, kata dia, program itu berjalan dibarengi pemberdayaan yang bisa memunculkan kesejahteraan masyarakat.

Artinya, pelaksanaannya melibatkan masyarakat yang dibekali dengan pengetahuan pengelolaan sampah menjadi barang bernilai ekonomis.

"Kami sudah siapkan langkah baru dan berkelanjutan untuk mengurangi gunung sampah itu dengan menjadikan sebagai energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan bisa menjadi bahan siap guna, misalnya batu bata," ucapnya.

Selain itu, Mas Gum menyatakan program yang disiapkannya itu untuk memaksimalkan pembakaran sampah di inceneratordan di TPA Tlekung.

"Sampah yang akan masuk ke TPA bisa terkurangi secara masif untuk sampah landfill yang saat ini sudah ada," ujar dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024