Ratusan warga yang berada di sekitar Stasiun Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur, periksa kesehatan gratis di Kereta Klinik (Rail Clinic) yang disediakan oleh PT KAI (Persero) Daerah Operasi 9 Jember dalam rangka HUT ke-79 KAI pada Rabu.

"Kami berkolaborasi dengan lembaga Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat dan didukung oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) KAI menghadirkan layanan kesehatan gratis untuk masyarakat di wilayah Stasiun Rambipuji dan sekitarnya," kata Vice President KAI Daop 9 Jember Hengky Prasetyo di Stasiun Rambipuji.

Dalam kegiatan pelayanan kesehatan menggunakan Klinik Kereta, lanjut dia, KAI Daop 9 Jember memberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama.

"Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, serta penyuluhan kesehatan oleh Tim Kesehatan KAI," tuturnya.

Ia mengatakan KAI Daop 9 Jember melibatkan 23 tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, apoteker dan asisten apoteker, yang memberikan pengobatan secara cuma-cuma kepada masyarakat di Stasiun Rambipuji.

"Selain pelayanan kesehatan secara gratis, kami juga membagikan 68 kacamata baca untuk anak SD, 201 kacamata dan 3 kursi roda untuk masyarakat yang membutuhkan tetapi kurang mampu," katanya.

Dalam penyaluran bantuan itu harus memenuhi 8 kriteria penerima zakat yakni fakir, miskin, mualaf, riqab (budak), gharim (orang yang terjebak hutang), amil (penanggung jawab harta yang di zakatkan), fisabilillah, dan ibnu sabil.

Selain layanan kesehatan, lanjutnya, Klinik Kereta juga terdapat layanan Perpustakaan Kereta, sehingga para siswa maupun masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas yang menyediakan ratusan buku bacaan tersebut.

Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas e-Library atau perpustakaan elektronik berupa monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif yang terkoneksi dengan internet.

KAI Daop 9 Jember juga memberikan penyuluhan kesehatan perilaku hidup bersih dan sehat kepada murid SDN 3 Rambigundam, SDN 2 Rambipuji, dan SDN 3 Rambipuji. Anak-anak juga diberikan sosialisasi terkait keselamatan dan keamanan perjalanan KA oleh tim Daop 9 Jember.

Dengan Klinik Kereta, pihaknya berharap dapat meningkatkan taraf kesehatan warga yang berada di sekitar stasiun wilayah kerja KAI, masyarakat juga diharapkan ikut menjaga dan peduli dengan keselamatan perjalanan kereta api.

Sementara salah seorang warga Kecamatan Rambipuji Ninda Dwi Lestari mengaku baru pertama kalinya melakukan pemeriksaan di kereta kesehatan.

"Pengalaman pertama saya melakukan pemeriksaan di dalam kereta, apalagi gratis. Persyaratannya hanya membawa KTP saja untuk periksa di Klinik Kereta," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024